Teliti dan Pahami, Ini Produk Turunan Hasil Tembakau yang Wajib Kena Cukai

Di Posting Oleh madiuntoday

31 Desember 2018

MADIUN – Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terkait barang-barang tertentu. Di Indonesia, terdapat tiga barang yang wajib kena cukai. Yakni, etil alkohol, minuman mengandung etil alkohol, dan hasil tembakau. Ketiga barang ini dikenakan cukai lantaran menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup dalam pemakaiannya.

Nah, ketiganya memiliki produk turunan masing-masing. Terutama hasil tembakau. Hasil tembakau tidak hanya rokok dengan berbagai jenisnya. Namun, juga terdapat hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL).

‘’Ada empat produk HPTL sesuai dengan PMK-156/PMK.010/2018 perubahan atas PMK-146/PMK.010/2017. Yakni, tembakau molasses, tembakau kunyah, ekstrak dan esens tembakau, dan tembakau hirup. Keempat jenis ini juga wajib cukai sejak 1 Juli 2018 lalu,’’ kata Pelaksana Pemeriksa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Madiun David Julian Ictiano, Jumat (28/12).

Tembakau Molasses

Ini merupakan hasil tembakau yang berasal dari pengolahan daun tembakau. Dibuat dan dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan perkembangan teknologi dan selera konsumen tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu dalam pembuatannya. Pemanfaatannya bisa dipanaskan menggunakan shisha/ hookah (pipa panjang yang diberi air untuk menghisap tembakau) atau alat yang sejenisnya yang dikonsumsi dengan cara dihisap.

Tembakau Kunyah (Chewing Tobacco)

Tembakau jenis ini nyaris sama dengan tembakau molasses. Bedanya, cara pemanfaatannya dengan dikunyah. Tentu bukan berupa daun tembakau langsung dikunyah. Namun, melewati proses pengolahan sedemikian rupa. Biasanya juga menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan selera konsumen. Namun, bahan baku utamanya tetapnya daun tembakau.

Ekstrak dan Esens Tembakau

Hasil tembakau jenis ini biasanya berbentuk cair, padat, atau bentuk lainnya. Pengolahannya dengan cara ekstraksi atau cara lain sesuai dengan perkembangan teknologi dan selera konsumen. Biasanya, dalam kemasan penjualan eceran saat sampai di tangan konsumen. Pemanfaatannya, dengan cara dipanaskan menggunakan alat pemanas elektrik kemudian dihisap. Ekstrak dan Esens Tembakau tersebut antara lain cairan yang menjadi bahan pengisi vape, produk tembakau yang dipanaskan secara elektrik (electrically heated tobacco product), atau kapsul tembakau (cartridge/tobacco capsule).

Tembakau Hirup (Snuff Tobacco)

Tembakau jenis ini hampir sama dengan tembakau kebanyakan. Yakni, pemanfaatannya dengan cara dihirup. Bedanya, tidak perlu dibakar seperti rokok dan sejenisnya. Tembakau jenis ini sudah melewati pengolahan sedemikian rupa hingga mengeluarkan aroma tertentu saat dihirup. Tembakau jenis ini juga wajib berpita cukai lantaran berbahan dasar tembakau.

‘’Produk-produk HPTL ini dikenakan tarif 57 persen dari harga jual eceran yang diajukan. Penjual-belian produk ini harus berpita cukai asli,’’ pungkasnya sembari menyebut sanksi atas pelanggaran ini dikenakan UU 39/207 tentang cukai. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!