Izin Usaha Dimudahkan, UMKM Semakin Diperhitungkan

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Januari 2019

MADIUN – Sudah bukan rahasia lagi, jika saat ini usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Selain itu, UMKM berhasil menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan domestik bruto negara. Tak hanya menjadi tulang punggung ekonomi, UMKM juga dapat membantu penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Maka dari itu, untuk mendukung laju pertumbuhan UMKM, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun memberikan beberapa kemudahan untuk para pelaku usaha yang menginginkan status legal pada badan usahanya.

“Beberapa perizinan kami fasilitasi, seperti Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Selain itu fasilitasi izin pangan industri rumah tangga (PIRT) yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan,” ujar Kepala Bidang Perindustrian Disnaker Kota Madiun Apri Tri Yudianto.

Selain dua perizinan di atas, Disnaker juga memfasilitasi mengenai izin usaha industri (IUI), dan standart nasional Indonesia (SNI) bagi semua pelaku jenis usaha apapun.

Apri mengatakan, perizinan di atas merupakan sebagian dari beberapa bukti legalitas yang ada untuk membuat usaha menjadi legal. Permasalahan yang ada, biasanya para pelaku usaha tidak mengetahui alur perizinan.

“Maka dari itu Disnaker memfasilitasi dengan mengarahkan perizinan usaha industri untuk dapat melakukan kegiatan industri. Tentunya dengan fasilitas ini bisa memudahkan mereka dalam mendapatkan izin,” terangnya.

Dengan kemudahan yang didapat, Apri berharap para pelaku usaha, khususnya pelaku Industri Kecil Menengah (IMK) dan UMKM mendapatkan legalitas dalam usahanya. Dia menjelaskan, legalitas dalam usaha dapat membantu mereka untuk semakin berkembang menjalankan usahanya.

“Kalau sudah legal, mereka bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain dengan mudah karena ada kepercayaan. Selain itu lokasi usaha juga terlindungi karena sudah sah di mata hukum,” tandasnya. (dhevit/kus/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Don`t copy text!