Manfaatkan Dana Kelurahan, Josenan Beri Pemahaman Geriatri Kepada Lansia

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Juli 2019

MADIUN- Setelah masyarakat dari Kelurahan Kuncen, kini giliran masyarakat Kelurahan Josenan yang merasakan manfaat pos dana alokasi umum (DAU) bagi kelurahan di Kota Madiun. Misalnya seperti yang terlihat pada Rabu (24/7), para lansia diberi pembekalan mengenai geriatri.

Geriatri sendiri merupakan cabang ilmu yang membantu menangani penyakit pada lansia. Lebih lanjut Lurah Josenan Basari menjelaskan pemberian pemahaman kepada para lansia bertujuan untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, khususnya terkait dengan masalah kesehatan.

“Melalui alokasi dana yang diberikan, kami berharap angka harapan hidup para lansia dapat lebih meningkat, serta terwujud kemandirian dari mereka,” ujarnya.

Jumlah peserta yang mengikuti pembinaan sebanyak 120 orang. Untuk mendukung kader lansia, pihaknya telah aktif melakukan pemanyauan dan pendampingan terhadap lansia, misalnya seperti melakukan pemantauan di posyandu lansia.

“Setiap satu bulan sekali pemkot mengadakan senam, nah itu kalau ada warga kami yang tidak aktif ikut senam, saya ajak untuk aktif ikut,” terangnya.

Sementara itu, narasumber kegiatan pembinaan kader kesehatan dr.Agus Nurwahyudi, Sp. S menjelaskan, pembinaan kesehatan kepada lansia perlu diberikan perhatian khusus, mengingat penyakit yang diderita kaum lansia bermacam-macam.

“Kasus-kasus usia lanjut makin banyak, makannya perlu ditangani dengan mantap.  Masalah lansia setidaknya ada 14 penyakit, antara lain kemampuan gerak menurun, demensia, obesitas dan lain-lain,” ucapnya.

Lewat pembinaan kader kesehatan lansia, diharap angka harapan hidup masyarakat semakin meningkat. Disamping itu, juga mengoptimalkan kemampuan melakukan aktifitas dan ibadah secara mandiri tanpa bantuan orang lain.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Tak Ditemukan Hasil

Laman yang Anda rikues tak dapat ditemukan. Cobalah mengganti pencarian Anda, atau gunakan navigasi di atas untuk mencari postingan.

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!