Bentuk Kreativitas Masyarakat, Kelurahan Manguharjo Fasilitasi Beragam Pelatihan

Di Posting Oleh madiuntoday

8 Agustus 2019

MADIUN- Pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan melalui beragam cara, salah satunya dengan pelatihan-pelatihan keterampilan dasar. Seperti yang dilakukan Kelurahan Manguharjo. Dengan memanfaatkan pos dana alokasi umum (DAU), masyarakat diberikan berbagai jenis pelatihan.

Lurah Manguharjo Hartanto mengatakan, total 19 pelatihan diberikan kepada masyarakat yang ada di kelurahannya. Mulai dari pelatihan yang sudah dilaksanakan diantaranya, mengemudi, bordir, jahit, dan kerajinan tangan dari stoking.

“Dari kerajinan yang dibuat warga kami ini, sudah punya nilai jual tinggi menurut saya. Misalnya baju boneka barbie dari stoking ini menambah nilai estetik,” ungkapnya.

Kedepan kata dia, masih banyak pelatihan keterampilan dasar lainnya. Seperti membatik dan membuat bunga dari sabun. Hartanto mengatakan, pemanfaatan DAU digunakan untuk pelatihan-pelatihan keterampilan dengan dasar usulan dari masyarakat.

“Usulan warga yg tidak bisa mengikuti pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), sehingga kita wujudkan melalui pelatihan dana kelurahan ini,” jelasnya.

Melalui serangkaian pelatihan ini, kata dia, diharapkan mampu memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk bisa menambah perekonomian keluarga. Selain itu dirinya berharap kedepan, akan tumbuh Kelompok Usaha Bersama.

“Lewat kelompok usaha bersama, hasil-hasil produksi masyarakat bisa diberikan ruang untuk dipamerkan,” tandasnya.
(doc/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!