Tumbuhkan Ekonomi Kreatif, Belasan Ibu-Ibu Dibekali Pelatihan Membuat Hantaran

Di Posting Oleh madiuntoday

12 November 2019

MADIUN- Kesibukan yang berbeda terlihat di pelataran Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Citra Dewi pada Selasa (12/11). Belasan ibu-ibu terlihat dengan penuh antusias menggerakkan tangannya membuat kerajinan hantaran, atau oleh-oleh buah tangan yang diberikan pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita atau pun sebaliknya.

Dari membuat buku tamu yang dihias menggunakan bahan dasar kardus, membuat mukena berbentuk boneka, hingga membuat handuk dengan bentuk beragam hewan-hewan lucu, diantaranya bentuk gajah, panda, pinguin, dan merak.

“Ini merupakan pelatihan level kedua. Pertama pelatihan membuat buku tamu, kemudian membuat 10 macam hewan seperti gajah, panda, pinguin, merak dari handuk, bentuk hewannya dari kertas koran yang diremas sampai halus baru dibentuk,” ujar Pimpinan LKP Citra Dewi Wiwik Sri Wahyuni.

Wiwik mengatakan, untuk membuat hantaran kuncinya adalah ketelatenan dan tidak memakan banyak modal. Dengan bermodal barang bekas, kata dia, sudah bisa membuat kerajinan tangan hantaran yang cantik.

“Modal murah tapi memiliki nilai jual tinggi. Modalnya kurang dari Rp 60.000. Lembaran dari kardus jadi cantik. Kedepan saya harap ibu-ibu harus berhasil karena ini bisa menambah income keluarga,” ungkapnya.

Senada dengan hal di atas, Susanti salah seorang peserta mengatakan jika merasa terbantu dengan mengikuti pelatihan keterampilan membuat hantaran ini. “Sebelumnya saya belum pernah belajar seperti ini. Kalau sudah latihan seperti ini siapa tahu ada saudara yang nikahan dan butuh hantaran,” tandasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!