Survive di Tengah Pandemi, UMKM Kota Pendekar Inisiatif Buka Lapak Siap Saji

Di Posting Oleh madiuntoday

28 Mei 2020

MADIUN- Pandemi korona tak hanya berdampak pada kesehatan manusia semata, seluruh sektor nyaris terdampak, tak terkecuali para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Tak ingin terlarut dalam keadaan, puluhan pelaku UMKM di Kota Pendekar secara kolektif mendirikan lapak makanan dan minuman siap saji secara swadaya.

“Selama pandemi ini penurunan omset tidak bisa dihindari. Lalu saya kepikiran untuk membuka lapak yang diisi dengan jualan produk teman-teman UMKM lain,” jelas inisiator lapak siap saji UMKM Yani Suni.

Penjualan, kata dia, dilakukan dengan sistem titip jual. Jika produk laku maka hasil penjualan akan dikembalikan kepada si penitip barang dagangan. Jika tidak, akan dikembalikan lagi kepada mereka.

Yani menjelaskan, mulai dari sayuran jadi, lauk pauk, berbagai jenis sambal, manisan, jajanan ringan, hingga jamu tradisional, semua tersaji rapi disana. Lapak siap saji yang dibuka sejak tanggal 17 Mei lalu itu, saat ini telah menampung lebih dari 23 pelaku usaha yang menitipkan dagangannya di lapak yang buka di Jalan Setiabudi Kota Madiun itu.

“Kami terbuka untuk siapa saja yang ingin menitipkan produk usaha disini. Intinya kami mengajak seluruh pelaku UMKM untuk bisa survive dan tetap berkarya. Semua teman-teman bisa jualan terus walaupun hasilnya sedikit. Bisa bela dan beli produk kita sendiri,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!