Pemkot Kerahkan “Punokawan” Halau Kerumunan di Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran

Di Posting Oleh madiuntoday

8 Juni 2020

MADIUN- Pembukaan kembali Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun pada Minggu (7/6) menyimpan kisah unik tersendiri. Bagi para pengunjung yang datang, pasti tak asing dengan para Punokawan yang berkeliling membawa papan bertuliskan ajakan sosialisasi mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Tokoh ikonik dalam dunia pewayangan itu, memang sengaja dikerahkan untuk berkeliling di lokasi mensosialisasikan ajakan agar selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan di lokasi Sunday Market yang berada di Jalan Ahmad Yani itu.

Namun, tak banyak orang yang tahu kisah unik dibalik orang-orang yang bermake up tebal memerankan tokoh pewayangan itu. Mereka adalah para karyawan Dinas Perdagangan Kota Madiun. Tak hanya karyawan, bahkan salah satu diantara punokawan itu merupakan pejabat eselon dua atau setingkat Kepala Dinas, yakni Gaguk Hariyono.

“Ya kalau biasa kita sosialisasikan gitu aja tidak bakal mengena. Kalau kita berdandan seperti ini kan supaya masyarakat lebih tertarik dan mendengarkan sosialisasi kita,” ujar Gaguk.

Dirinya mengaku, mulai bersiap dengan kostum seperti tokoh pewayangan sejak pukul 03.00 dini hari. Persiapan dimulai dengan merias wajah sesuai tokoh yang diperankan hingga memakai pernak-pernik menyerupai tokoh pewayangan. Hal itu semata dilakukan agar masyarakat lebih aware akan anjuran yang disampaikannya.

“Sunday market mulai dibuka, kita ini masyarakat yang kesini tetap bisa berbelanja namun tetap disiplin protokol kesehatan. Misi kita hanya itu,” tegasnya.

Gaguk mengaku, para punokawan akan dikerahkan hingga beberapa waktu kedepan sampai masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang berlaku.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!