Mengenal Bripda Elfira Puja Rahmawati, Anggota Satbinmas Polres Madiun Kota yang Kerap Ukir Prestasi di Kejuaraan Menembak

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Oktober 2020

MADIUN – Menembak menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki aparat keamanan. Bahkan, untuk petugas perempuan sekalipun. Seperti kisah Bripda Elfira Puja Rahmawati cukup jago menembak. Anggota Satbinmas Polres Madiun Kota ini berhasil mengukir prestasi dari skill menembak yang dimiliki.

Rutin berlatih menembak sejak 2018 silam, Elfira setidaknya memenangkan lima kejuaraan baik secara individu maupun beregu hingga saat. Kali terakhir, dia berhasil merebut juara 1 kategori Pistol Ladies International Practical Shooting Confederations (IPSC) level 1 dalam kejuaran Cental Java Shooting Championship di Boyolali, September 2019 lalu. Dia berhasil menyisihkan puluhan peserta lain dalam kejuaraan nasional tersebut.

‘’Kalau total peserta ada ratusan. Tetapi kategori ladies biasanya hanya 10 persen dari total peserta,’’ kata Elfira, Rabu (14/10).

Tembak reaksi menjadi model perlombaannya kala itu. Artinya, ketepatan dan kecepatan menjadi kunci kemenangan. Bukan hanya diam di tempat. Kategori tembak reaksi mengharuskan peserta menembak target dengan terus bergerak mengikuti arena yang sudah disiapkan. Tak ayal, butuh konsentrasi tinggi.

‘’Jadi selain ketepatan menembak target, catatan waktunya juga diperhitungkan. Karena dengan bergerak, kategori tembak reaksi jadi tantangan tersendiri,’’ ungkap perempuan asli Kediri tersebut.

Selain itu, dia pernah merebut juara 3 Presisi Beregu acara HUT Brimob di Lapangan Tembak Gunung Kendil yang juga di Boyolali Jawa Tengah pada 2019, juara 2 Kelompok Beregu Tactical Shooting Ladies dan juara 3 Mini Tourney AAIPSC Standard Ladies Cakra Shooting Competition di Singosari Malang pada 2019, dan juara 3 Senapan 150M Pengkot Perbakin Madiun pada 2018 lalu.

Sederet capaian itu tentu tidak didapat begitu saja. Namun, berangkat dari latihan keras yang dijalaninya. Elfira mengaku kali pertama berlatih pada April 2018 saat acara HUT ke-57 Yonif Para Rider 501 Bajra Yudha. Setelah itu dia makin rutin berlatih. Elfira biasa berlatih sepulang dinas. Tak ada waktu senggang yang tak digunakan ke tempat latihan.

‘’Terkadang kalau Sabtu-Minggu tidak pulang kampung saya pakai buat latihan. Tetapi setelah menikah saya hanya berlatih sebulan sekali,’’ selorohnya sembari menyebut lapangan tembak Yonif Para Rider 501 dan Batalyon Brimob Jalan Yos Sudarso menjadi tempat berlatihnya.

Elfira mengaku tertarik olahraga menembak karena banyak tantangan di dalamnya. Selain itu, olahraga menembak jarang diminati kaum hawa. Maklum, olahraga ini mungkin dipandang sebagai olahraga yang menyeramkan. Padahal, olahraga menembak bisa melatih banyak hal.

Elfira juga tak pelit berbagi pengetahuan dan pengalaman. Menurutnya, kemauan berlatih penting untuk menambah skill. Berlatih bisa dimana saja dan tidak harus menggunakan senjata api. Selain itu, harus mampu mengatasi rasa takut akan letusan senjata. Yang terakhir, Elfira menyarankan untuk selalu menimba ilmu dari pelatih dan dari berbagai sumber lainnya.

‘’Kita harus bisa mengatur ritme pernafasan, mengatur tarikan jari telunjuk. Jangan di sentak tapi ditarik secara perlahan dan halus. Selain itu, jangan condongkan konsentrasi hanya ke bidikan saja,’’ katanya.

‘’Keamanan juga penting dalam olahraga menembak. Selalu arahkan laras ke arah yang aman dan tidak boleh membidik manusia. Jangan mengotak-atik senjata di sembarangan tempat, harus di safety area,’’ imbuhnya sembari berucap terima kasih kepada rekan Perbakin dan Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha atas bantuan yang diberikan selama ini. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!