Mengenal Sukhoi SU-30, Pesawat Tempur Canggih Milik TNI AU

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Oktober 2020

MADIUN – Satuan TNI Angkatan Udara terus berupaya memperkuat basis militer. Salah satunya, dengan meningkatkan kualitas alutsista yang dimiliki. Termasuk di antaranya, menggunakan pesawat tempur canggih, Sukhoi SU-30.

Dua pekan lalu, empat pesawat tempur buatan Rusia itu diterbangkan dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin menuju Lanud Iswahjudi untuk mengikuti latihan sikatan daya. Tujuannya, untuk meningkatkan keterampilan pilot dalam mengemudikan pesawat buatan 1996 itu.

Dikutip dari laman globalsecurity.org, Sukhoi SU-30 memiliki panjang 21,9 meter, tinggi 6,4 meter, dan lebar sayap 14,7 meter. Dalam satu pengisian bahan bakar, pesawat ini mampu menempuh jarak 3 ribu kilometer. Dengan kecepatan maksimal mencapai 2.120 kilometer per jam.

Sukhoi SU-30 juga memiliki sistem radiolocation. Yakni, sistem khusus untuk mendeteksi keberadaan musuh hingga 10 target dalam waktu bersamaan. Serta, ahli dalam melakukan serangan darat, presisi serangan jarak jauh, dan sangat lincah bermanuver.

Built-in gun pesawat ini mencapai 150 peluru. Selain itu, juga mampu membawa hingga 6 air-to-air missiles, 6 air-to-surface missiles, 6 guided aerial bombs, rocket projectiles, dan 8 bomb clusters tergantung jenisnya masing-masing.

Dengan keberadaan pesawat tempur yang canggih ini, diharapkan tugas TNI AU untuk menjaga kedaulatan negara lewat udara bisa semakin kuat. Apalagi, negara yang menggunakan pesawat Sukhoi SU-30 saat ini masih terbatas. Yakni, hanya India, Malaysia, dan Tiongkok. Juga, Rusia sebagai pengguna utama. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!