Jalani Profesi Vital, Petugas Pemeriksa Jalur Jadi Andalan Keselamatan Perjalanan KA

Di Posting Oleh madiuntoday

19 Oktober 2020

MADIUN – Satu profesi yang tak kalah pentingnya dalam jajaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah petugas pemeriksa jalur (PPJ). Demi terciptanya keselamatan perjalanan KA, seorang PJJ rela menempuh jarak hingga belasan kilometer untuk memeriksa kondisi rel setiap hari dan memastikannya aman untuk dilewati.

Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menuturkan, profesi PPJ jarang diketahui masyarakat umum. Namun, kontribusinya bagi pelanggan sangat besar hingga perjalanan KA dapat dilakukan secara aman dan nyaman.

‘’Dalam bertugas, PPJ memeriksa kondisi jalur rel dan semua hal yang terkait keselamatan perjalanan KA. Seperti kekencangan baut, rel spaten, longsoran, dan gangguan eksternal lain,’’ jelasnya, Senin (19/10).

Saat bertugas, seorang PPJ membawa beberapa peralatan. Di antaranya, buku pas jalan yang ditandatangani oleh pengatur perjalanan KA (PPKA) kedua stasiun berdekatan. Petugas PPJ juga membawa bendera merah, kuning, dan lampu handsign sebagai isyarat pengaman perjalanan kereta api.

‘’Mereka juga membawa kunci inggris untuk mengencangkan baut yang kendor. Saat malam hari, mereka wajib membawa lentera atau lampu. Jika ada temuan, langsung dilaporkan agar segera ditangani,’’ imbuhnya.

Selain dituntut disiplin dan teliti, seorang PPJ juga harus memiliki fisik dan mental yang prima. Tak jarang dalam bertugas mereka berhadapan dengan kondisi cuaca yang buruk, memeriksa terowongan gelap, bahkan berdiri di atas jembatan yang sangat tinggi.

Dengan resiko pekerjaan yang cukup tinggi tersebut, personel PPJ wajib menjaga keselamatan diri. Serta, mematuhi standar operasional prosedur (SOP) dan menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Dengan peranan yang sangat penting tersebut, petugas PPJ menjadi andalan bagi PT KAI dalam menyediakan perjalanan KA yang aman bagi pelanggan,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!