Lapak UMKM Kelurahan Tawangrejo, Bernuansa Alam Tapi Dekat dengan Jalan Besar

Di Posting Oleh madiuntoday

3 November 2020

MADIUN – Program lapak UMKM di Kelurahan Tawangrejo juga bernuansa alam. Memanfaatkan aset pemerintah di Jalan Basuki Rahmat, lapak UMKM untuk peningkatan ekonomi lokal tersebut bakal berkonsep outdoor dengan banyak pepohonan di sekitar lapak. Kondisi semakin didukung dengan keberadaan Taman Hutan Kota yang tak jauh dari lokasi lapak.

‘’Jadi lokasinya di depan Taman Hutan Kota. Konsepnya memang mengedepankan nuansa alam,’’ kata Lurah Tawangrejo Karneli, Selasa (3/11).

Lapak, lanjutnya, bakal berdiri di atas tanah aset seluas 4×70 meter. Seperti di kelurahan lain, lokasi akan dibangun lapak untuk pemberdayaan dan menampung produk UMKM masyarakat Tawangrejo. Selain lapak, lokasi tersebut akan dilengkapi fasilitas gazebo, payung, tempat parkir, hingga kamar mandi.

Karneli menyebut lokasi juga dapat diakses dari sisi timur. Namun, melewati jalan setapak di antara pemungkiman penduduk. Jalan tersebut tembus di sebelah PO Bus Rosalia. Lokasi dipilih karena berdekatan dengan Jalan Basuki Rahmad. Hal itu penting untuk mengoptimalkan keberadaan lapak.

‘’Sebenarnya ada aset lain tapi lokasinya masuk, tidak dekat jalan besar. Kami khawatir kurang optimal nanti. Di lokasi ini selain dekat Taman Hutan Kota, juga dekat dengan jalur terminal,’’ jelasnya.

Selain itu, lokasi juga sejalur dengan program serupa milik Kelurahan Patihan. Keduanya bisa saliang melengkapi nanti. Apalagi, lanjut Karneli, lokasi juga terakses jalur sepeda wisata. Karneli optimis lokasi cukup strategis untuk pengembangan ekonomi lokal warga Kelurahan Tawangrejo.

Apalagi, ada banyak produk UMKM unggulan di wilayahnya. Di antaranya, susu kambing, ayam panggang, produk sayur, telur asin, dan lain sebagainya. Selain itu, juga akan ditambah produk kerajinan. Berbagai aksesoris hasil kerajinan warganya juga tak kalah jempolan.

‘’Kalau soal pengelolaan akan kita koordinasikan lagi, yang jelas tidak meninggalkan LPMK, PKK, dan karang taruna. Kita sudah punya pokja-pokja terkait hal itu,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!