Evaluasi Tahap I Smart City 2020, Wali Kota Paparkan Kemajuan Kota Madiun Kini

Di Posting Oleh madiuntoday

26 November 2020

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun telah berkomitmen untuk mewujudkan Smart City di Kota Pendekar. Karenanya, berbagai pembangunan, baik infrastruktur fisik, digital, hingga sumber daya manusia, terus dilakukan. Beberapa proyek pun telah diwujudkan.

Hal ini seperti yang dipaparkan oleh Wali Kota Madiun Maidi dalam Evaluasi Tahap I Smart City tahun 2020 secara virtual di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Kamis (26/11).

“Seluruh komponen pembangun Smart City berusaha kami wujudkan lebih cepat. Namun, adanya pandemi Covid-19 ini ada beberapa program yang terhambat. Itu kami sampaikan kepada tim pembimbing,” tutur wali kota saat ditemui usai paparan.

Beberapa upaya yang telah terlaksana di antaranya pengembangan destinasi wisata kota. Yakni, dengan pembangunan Pahlawan Street Center. Kemudian, mewujudkan Smart Economy dengan pemberdayaan dan pengembangan UMKM dan IKM berciri khas Kota Madiun, lapak kuliner kelurahan, pasar wisata, Sunday Market, serta padepokan pesilat.

Selain itu, pemkot juga mewujudkan Smart Living dengan pengembangan destinasi wisata dan kampung tematik. Sedangkan di sisi Smart Society dilakukan dengan pengurangan sampah dari sumber minimal 20 persen berbasis masyarakat dan pemberdayaan bank sampah.

Tak lupa dikembangkan pula Smart Branding melalui destinasi wisata religi dan destinasi wisata kota. Untuk menunjang upaya tersebut juga dikembangkan aplikasi e-Peceland dan Kota Madiun untuk mewujudkan Smart Government.

Sedangkan, upaya perwujudan Smart Environment dilakukan dengan urban farming, pengembangan bumi perkemahan Ngrowo Bening, dan Peceland.

“Seluruh konsep berjalan lancar. Meski masih dalam pandemi Covid-19, namun upaya mewujudkan Smart City terus kami dorong di Kota Madiun. Sehingga, ketika pandemi berakhir, ekonomi bisa segera pulih,” jelasnya.

Selain memberikan paparan, pada kesempatan itu wali kota juga mengikuti sesi tanya jawab bersama tim pembimbing dari Kemenkominfo. Di antaranya, Hari Kusdaryanto, Harry Abdul Azis, Barry Simorangkir, dan Rini Rachmawati. Seluruhnya memberikan apresiasi atas pencapaian yang diraih Kota Madiun saat ini.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Sekda Kota Madiun Rusdiyanto, staf ahli, asisten, OPD, serta tim Smart City Kota Madiun.

“Program ini kami genjot terus agar bisa optimal dan diisi anggota tim yang benar-benar kompeten,” tandasnya. (Luki/irs/diskominfo)

Artikel Terkait

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun sepertinya bakal diperpanjang. Hal itu, mengemuka dari keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa-Bali sampai 8 Februari nanti. Wali Kota Madiun Maidi menyebut SK PPKM untuk...

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

MADIUN – Penanganan Covid-19 memang tidak boleh sembarangan. Karenanya, terdapat alur khusus penanganan tersebut. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun mengeluarkan alur penanganan kasus konfirmasi Covid-19 untuk Kota Pendekar....

Don`t copy text!