Pengerjaan Sudah Dua Pekan, Lapak UMKM Kelurahan Demangan Ditarget Selesai Pertengahan Bulan Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

26 November 2020

MADIUN – Program Lapak UMKM di Kelurahan Demangan tak kalah menarik dengan di kelurahan lain. Apalagi, Lapak UMKM berada di kawasan Taman Hijau Demangan (THD). Seperti diketahui, taman tersebut sudah memiliki banyak fasilitas dan sudah cukup ramai. Keberadaan lapak sebagai pendongkrak ekonomi lokal dirasa akan maksimal.

‘’Lokasinya ada di baratnya lapangan basket THD. Berarti di pojok barat utara,’’ kata Lurah Demangan Aji Kurniawan, Kamis (26/11).

Titik tersebut merupakan usulan Sekda Kota Madiun Rusdiyanto. Sebelumnya, mengemuka usulan di sisi timur namun di luar kawasan THD. Titik tersebut tak jadi digunakan karena ada rencana pembangunan lain untuk lokasi tersebut.

Aji menyebut hadirnya Lapak UMKM akan semakin melengkapi fasilitas di THD. Di sekitar lokasi tersebut sudah ada sejumlah tempat-tempat berjualan juga taman bermain anak-anak. Lokasi juga sudah cukup ramai. Tampilan lapak yang menarik akan menambah ketertarikan masyarakat untuk datang.

‘’Desain lapak akan dibuat seperti kontainer-kontainer. Jumlahnya ada 12. Nanti juga ditambah payung-payung dan tempat duduk untuk pembelinya,’’ jelas Aji.

Pembangunan, lanjutnya, sudah dimulai dua minggu terakhir. Progres saat ini sudah sekitar 25 persen. Aji menyebut pembangunan ditargetkan selesai pertengahan Desember mendatang. Sedang terkait pengelolaan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan PKK dan LPMK setempat. Aji menambahkan ada banyak produk yang siap mengisi. Salah satunya, minuman aneka susu yang sudah cukup dikenal.

‘’Tahun depan kita juga mengusulkan untuk pengembangan. Prinsipnya, tempat itu akan dibuat semenarik mungkin untuk memacu perekonomian lokal,’’ pungkasnya sembari menyebut anggaran juga digunakan untuk bantuan susu dan telur kepada masyarakat.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kota Madiun menggelontorkan anggaran Rp 261 juta untuk tiap kelurahan. Anggaran bersumber Dana Intensif Daerah (DID) tersebut digunakan untuk peningkatan perekonomian lokal. Setiap kelurahan bakal memiliki minimal satu tempat baru untuk mewadahi produk-produk UMKM di wilayah masing-masing. Tempat baru tersebut juga akan dikoneksikan melalui jalur sepeda wisata. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!