Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Picu Inflasi November 2020

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Desember 2020

MADIUN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun mencatat terjadinya inflasi selama November 2020. Yakni, sebesar 0,41 persen. Angka ini merupakan inflasi tertinggi selama periode Januari-November 2020.

Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny menuturkan, terjadinya inflasi disebabkan oleh kenaikan indeks harga konsumen (IHK) pada kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 1,59 persen, kelompok Transportasi sebesar 0,19 persen, kelompok Penyedia Makanan dan Minuman/Restoran sebesar 0,13 persen, kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,12 persen, dan kelompok Kesehatan sebesar 0,02 persen.

‘’Dari 8 kota/kabupaten penghitung inflasi di Jawa Timur, semuanya mengalami inflasi. Inflasi terendah di Kota Surabaya dan Banyuwangi sebesar 0,20 persen. Sedangkan, inflasi tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 0,82 persen,’’ tuturnya, Rabu (2/12).

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga hingga turut menyumbang andil inflasi November 2020 di Kota Madiun antara lain daging ayam ras, telur ayam ras, jeruk, cabai rawit, bawang merah, minyak goreng, tomat, ikan bakar, mobil, dan tarif kereta api.

Sedangkan, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga dan turut menekan angka inflasi di Kota Madiun di antaranya, pepaya, emas perhiasan, wortel, buah naga, telepon seluler, apel, salak, jambu batu, tarif listrik, dan ketimun.

Menurut Henny, angka inflasi Kota Madiun pada November 2020 masih dalam kategori aman. Sebab, tujuh kota/kabupaten penghitung inflasi lainnya di Jatim juga mengalami hal yang sama. Itu menandakan roda perekonomian berputar pada November 2020. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!