Permintaan Gadai Capai 40 Persen di Masa Pandemi, Pegadaian Buka Lelang di Lawu Plaza

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Desember 2020

MADIUN – Seiring meluasnya pandemi Covid-19 di dunia, harga emas sebagai logam mulia juga mengalami kenaikan cukup drastis. Bahkan, menembus angka di atas Rp 1 juta. Harga emas yang tinggi inipun dimanfaatkan masyarakat untuk menggadaikannya.

Di Pegadaian Cabang Madiun, misalnya. Kenaikan permintaan gadai mencapai 40 persen dari hari biasanya. ‘’90 persen emas. Baik perhiasan maupun logam mulia. 10 persennya barang rupa-rupa lainnya,’’ ujar Kepala Unit Pelayanan Pegadaian Cabang Madiun Yuni Prastiwi saat ditemui di Bazar Emas Murah Pegadaian di Plaza Lawu, Jumat (4/12).

Sayangnya, tak semua nasabah mampu melunasi hutang dan mengambil kembali barang yang digadaikan. Untuk itu, pihak Pegadaian melelang barang tersebut kepada warga lainnya.

Menurut Yuni, ada beberapa keuntungan membeli barang lelang. Terutama, emas. Yakni, harga lebih murah dari pasaran. Pihak Pegadaian hanya menghitung berat dan kadar emas. Sedangkan, aksesoris seperti mutiara atau tingkat kesulitan pembuatan perhiasan itu tidak masuk dalam harga. ‘’Selain itu, penghitungan kadar emasnya juga lebih akurat di Pegadaian,’’ jelasnya.

Khusus akhir tahun, Pegadaian juga memberikan promo kepada pembeli emas secara angsuran. Yakni, potongan Rp 5 ribu per gram untuk emas perhiasan dan potongan Rp 20 ribu per gram untuk logam mulia. ‘’Produk lelang bisa didapatkan pembeli pada bazar di Lawu Plaza hingga sepekan ke depan, atau di Kantor Cabang Pegadaian,’’ imbuhnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!