Sukses Ubah Pekarangan Sempit Jadi Kebun Sayur, Kini Warga Nikmati Hasil Panen P2L Taman Asri Berseri

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Desember 2020

MADIUN – Sejak dirombak pada September 2020 oleh kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Taman Asri Berseri, fasilitas umum di RW 007 Kelurahan Banjarejo telah memberikan manfaat bagi warga. Terutama, dalam menyediakan berbagai jenis sayuran yang sehat dan segar.

Salah satunya seperti tampak pada kegiatan yang mereka lakukan pada Sabtu (5/12). Anggota P2L Taman Asri Berseri menyelenggarakan panen raya dari kebun yang mereka kelola itu. ‘’Ini merupakan panen ketiga. Sayuran yang sudah siap panen, kami kemas lalu dijual kepada anggota dan masyarakat sekitar,’’ ujar Ketua P2L Taman Asri Berseri Hani Rachmawati.

Ada berbagai jenis sayuran yang siap panen hari ini. Di antaranya, kangkung, selada, sawi, dan bayam merah. Masing-masing dikemas dalam kantung dengan berat antara setengah hingga satu kilogram. Selanjutnya, dijual dengan harga berkisar antara Rp 5 ribu – 10 ribu.

Kegiatan inipun mengundang antusias warga sekitar. Bahkan sebelum panen selesai, sudah ada warga yang datang untuk membeli sayuran segar. Hal ini sesuai dengan tujuan pemberdayaan P2L Taman Asri Berseri. Yakni, memenuhi tanaman sayur yang sehat untuk meningkatkan imun tubuh.

Lebih lanjut, Hani menuturkan, P2L Taman Asri Berseri terdiri atas 30 anggota. Rinciannya, lima pengurus inti dan 25 anggota dari RT 23 – 27 RW 007 Kelurahan Banjarejo. Masing-masing anggota mendapatkan tugas piket untuk merawat kebun setiap hari.

Selain sayur yang dipanen hari ini, ada berbagai jenis tanaman lain yang tersedia. Seperti, bayam hijau, terong, cabai, seledri, daun mint, dan daun bawang. Di area tersebut juga terdapat tanaman buah seperti tomat, stroberi, jambu dely, juwet putih, kedondong, dan jeruk nipis. Serta, tanaman toga seperti jahe merah, kencur, kunyit, laos, ilir. ‘’Juga ada tanaman hias untuk mempercantik area ini,’’ imbuhnya.

Tak hanya menggelar panen raya, para anggota juga memasak hasil panen tersebut. Kemudian, menggelar jamuan makan bersama untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan.

‘’Ke depan, kami berharap P2L Taman Asri Berseri ini bisa semakin maju dan hasilnya tidak hanya dinikmati warga sekitar saja. Tapi juga bisa memasok kebutuhan sayuran yang sehat dan segar di restoran yang membutuhkan,’’ tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun sepertinya bakal diperpanjang. Hal itu, mengemuka dari keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa-Bali sampai 8 Februari nanti. Wali Kota Madiun Maidi menyebut SK PPKM untuk...

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

MADIUN – Penanganan Covid-19 memang tidak boleh sembarangan. Karenanya, terdapat alur khusus penanganan tersebut. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun mengeluarkan alur penanganan kasus konfirmasi Covid-19 untuk Kota Pendekar....

Don`t copy text!