Pemkot Madiun Tetapkan Prioritas Pembangunan 2021, Fokus Mempercantik Wajah Kota Hingga Tingkatkan Perekonomian

Di Posting Oleh madiuntoday

7 Desember 2020

MADIUN – Tahun 2021 akan segera tiba dalam hitungan hari. Sejumlah program prioritas pun telah disiapkan Pemkot Madiun yang tersusun dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021.

Selain penanganan Covid-19, ada program prioritas lainnya yang akan dijalankan oleh Pemkot Madiun. Di antaranya, upaya mempercantik wajah kota dan peningkatan ekonomi masyarakat.

‘’Fokusnya, Kota Madiun pagi menjadi kota sejuta bunga. Kalau malam jadi sejuta lampu. UMKM jalan semua, PKL juga, rumah tidak layak huni menjadi layak, dan pengentasan kemiskinan,’’ tutur Wali Kota Madiun Maidi saat diwawancarai setelah menghadiri Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program CSR dan Program Prioritas Pembangunan 2021 di Hotel Aston Madiun, Senin (7/12).

Program prioritas inipun dikoordinasikan dengan pengusaha di wilayah Kota Madiun. Sehingga, pengusaha yang ingin memberikan dukungan dalam bentuk corporate social responsibility (CSR) bisa menyesuaikan dengan program prioritas pembangunan pemkot.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Madiun Suko Dwi Handiarto mengungkapkan, pada 2019 Kota Madiun menerima dana CSR sebesar Rp 5,9 miliar. Sedangkan, pada 2020 sebesar Rp 2,7 miliar.

‘’Untuk 2021 kami tidak ada target. Semua disesuaikan kemampuan perusahaan. Usulan dari OPD banyak, tinggal program mana yang bisa dipenuhi oleh perusahaan melalui CSR,’’ terangnya.

Meski begitu, pemkot tetap memberikan acuan kepada perusahaan dalam menyalurkan program CSR. Harapannya, program ini dapat berfungsi maksimal dan tepat sasaran. Serta, tidak ada tumpang tindih dengan program yang telah dijalankan Pemkot Madiun.

Lebih lanjut, Suko mengatakan, peningkatan ekonomi menjadi program yang nantinya paling banyak membutuhkan dukungan dari Program CSR. Hal inipun sejalan dengan upaya pemkot untuk mengembangkan potensi masing-masing kelurahan di wilayahnya.

‘’Jika ada support dari pengusaha, harapan kami upaya pengembangan kelurahan di Kota Madiun bisa terlaksana lebih cepat dan perekonomian masyarakat semakin stabil,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

14 Sembuh Hari Ini, Tetap Waspada Karena Juga Ada 20 Konfirmasi

14 Sembuh Hari Ini, Tetap Waspada Karena Juga Ada 20 Konfirmasi

MADIUN – Tambahan kasus konfirmasi cukup tinggi hari ini. Setidaknya, terdapat 20 tambahan kasus konfirmasi, hari ini Rabu (24/2). Sementara itu, terdapat 14 tambahan sembuh bersamaan konfirmasi tersebut. Masyarakat wajib terus waspada dengan disiplin protokol...

BMKG Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Cuaca

BMKG Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Cuaca

MADIUN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan, Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, akan terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Jawa Timur pada Rabu (24/2). Tak terkecuali di wilayah...

Don`t copy text!