Tingkatkan Pelayanan Bagi Ibu Hamil, RSUD Kota Madiun Luncurkan Inovasi Pendekar Hati

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Desember 2020

MADIUN – Sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, RSUD Kota Madiun tak pernah berhenti berinovasi. Terutama, dalam proses kehamilan dan persalinan. Terbaru, mereka meluncurkan inovasi Pendekar Hati.

Inovasi ini bertujuan untuk mendeteksi ibu hamil dengan resiko tinggi di wilayah Kota Madiun. Dengan deteksi dini, diharapkan proses kehamilan dan persalinan bisa berjalan lancar. Sehingga, menjaga kesehatan ibu dan meningkatkan kualitas kelahiran bayi.

Prosesi peluncuran inovasi Pendekar Hati berlangsung di ruang pertemuan RSUD Kota Madiun, Rabu (9/12). Kegiatan tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi. Dalam sambutannya, wali kota memberikan apresiasi terhadap tim medis di RSUD Kota Madiun yang telah mencetuskan inovasi tersebut.

‘’Angka kelahiran dan kematian di Kota Madiun saat ini sudah seimbang. Dengan inovasi ini, diharapkan proses kehamilan semakin berkualitas dan bayi yang dilahirkan juga sehat serta menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,’’ tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, inovasi Pendekar Hati akan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Madiun. Mulai dari tingkat kota hingga yang terkecil di lingkup RT/RW. Sehingga, RSUD tidak hanya menerima pasien datang saja. Tapi juga mencari hingga ke lingkup masyarakat terkecil untuk mendeteksi ibu hamil. Khususnya, yang memiliki resiko tinggi pada kehamilannya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi mengatakan bahwa PKK siap membantu kerja tim Pendekar Hati. Serta, turut memberikan perhatian kepada ibu hamil di wilayah Kota Madiun. Sehingga, semakin bersemangat dan mampu menjalani proses kehamilan dengan lancar.

Tidak hanya mendeteksi keberadaan ibu hamil dengan resiko tinggi, Pendekar Hati nantinya juga akan meningkatkan pelayanan kontrol dan konsultasi terhadap ibu hamil. Tidak hanya melalui tatap muka, tapi juga dilakukan dengan layanan SMS maupun telepon. ‘’Harapannya, kehamilan dengan resiko tinggi tidak terjadi di Kota Madiun,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)

Artikel Terkait

14 Sembuh Hari Ini, Tetap Waspada Karena Juga Ada 20 Konfirmasi

14 Sembuh Hari Ini, Tetap Waspada Karena Juga Ada 20 Konfirmasi

MADIUN – Tambahan kasus konfirmasi cukup tinggi hari ini. Setidaknya, terdapat 20 tambahan kasus konfirmasi, hari ini Rabu (24/2). Sementara itu, terdapat 14 tambahan sembuh bersamaan konfirmasi tersebut. Masyarakat wajib terus waspada dengan disiplin protokol...

BMKG Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Cuaca

BMKG Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Cuaca

MADIUN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan, Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, akan terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Jawa Timur pada Rabu (24/2). Tak terkecuali di wilayah...

Don`t copy text!