Lapak UMKM Kelurahan Josenan Juga Bernunasa Alam, Pembangunan Dilanjutkan Tahun Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Desember 2020

MADIUN – Pembangunan Lapak UMKM Kelurahan Josenan juga mendekati garis finish. Setidaknya, pembangunan sudah mencapai 90 persen dari perencanaan. Program Lapak UMKM ini akan disempurnakan tahun depan.

Lapak berlokasi di dekat lapangan Ngebrak. Lapak ini juga menghadirkan pemandangan jembatan Ngebrak. Artinya, warga yang melewati jembatan tersebut dalam melihat lokasi. Nuansa alam juga kental terasa. Sebab, disekitar lokasi masih banyak pepohonan dan dekat dengan sungai. Lapak ini berdiri di atas lahan sekitar 200 meter persegi. Sedang, bangunannya sekitar 8×15 meter persegi. Selain itu, juga terdapat gerobak berkonsep kontainer sebanyak delapan unit. Sedang, untuk pengunjung juga ditambahkan meja, kursi, dan payung.

‘’Nanti juga ada mainannya. Termasuk ATV hingga rumah pohon. Harapan kami ini memberikan nilai tambah di sana,’’ kata Lurah Josenan Darwito, Rabu (16/12).

Keberadaan lapak juga cukup menarik pelaku UMKM. Setidaknya, sudah tercatat 43 pelaku UMKM yang tertarik menempati. Darwito menyebut pengelolaan lapak masih akan dikoordinasikan lagi bersama LPMK, PKK, hingga paguyupan UMKM Kelurahan Josenan. Sedang terkait produk, Darwito menyebut terdapat sejumlah produk makanan jadi hingga barang seni.

‘’Di sini ada batik hingga makanan olahan lain. Prinsipnya ini untuk masyarakat. Tentunya akan kami koordinasikan lagi setelah pembangunan selesai,’’ ungkapnya.

Darwito mengakui pembangunan belum sempurna di tahun ini. Karenanya, pembangunan akan dilanjutkan tahun depan. Salah satunya, pemagaran, penambahan hiasan, hingga pengecatan jembatan Ngebrak. Darwito menyebut jembatan Ngebrak bisa menjadi salah satu view di lokasi nanti.

‘’Lapangan Ngebrak juga cukup ramai kegiatan. Artinya, keberadaan lapak ini akan sangat mendukung peningkatan ekonomi di kawasan Kelurahan Josenan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!