Stabilisasi Harga Jelang Nataru, Dinas Perdagangan Monitoring Harga Komoditas Pasar

Di Posting Oleh madiuntoday

17 Desember 2020

MADIUN- Menjelang Natal dan tahun baru 2021, Dinas Perdagangan Kota Madiun menggelar monitoring harga komoditas pasar sebagai langkah menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok maupun barang-barang yang ada di pasar. Seperti yang dilakukan pada Kamis (17/12). Kabid Usaha Perdagangan Pundjung Wahono mengatakan berdasarkan monitoring yang dilakukan harga-harga relatif stabil.

“Untuk di pasar tradisional di Kota Madiun sementara harga relatif stabil.  Beberapa harga yang mengalami kenaikan seperti telur dan ayam potong. Cuma kenaikan hanya seribu dua ribu, secara umum harga stabil untuk menghadapi Natal dan tahun baru,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, monitoring yang dilakukan tak hanya digelar di Pasar Besar Kota Madiun, namun juga dilakukan di dua pasar tradisional berbeda lainnya, yakni Pasar Sleko dan Pasar Srijaya. Kemudian harga dari ketiga pasar tradisional tersebut dirata-rata.

“Harga di pasar pada dasarnya fluktuatif tergantung banyak tidaknya yang minat dan ada hari perayaan apa. Kita selalu lakukan monitoring tiap hari,” ungkapnya.

Sementara itu beberapa harga komoditas pasar ada yang mengalami penurunan harga. Seperti yang terjadi pada harga cabai biasa, dari semula Rp 51.000 menjadi Rp 50.000, cabai rawit dari harga Rp 44.000 menjadi Rp 40.000, kemudian untuk bawang merah dari Rp 32.000 menjadi Rp 30.000 dan bawang putih dari Rp 22.000 menjadi Rp 19.000.

Terkait bahan kebutuhan pokok seperti beras, Pundjung mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Bulog Madiun, persediaan beras masih aman untuk lima bulan kedepan. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir terhadap keberadaan komoditas pasar dan kebutuhan pokok karena Dinas Perdagangan selalu melakukan pemantauan guna menjaga stabilitas harga.
(Dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!