Lapak UMKM Kelurahan Kuncen Lengkapi Fasilitas Wisata Religi Masjid Kuno

Di Posting Oleh madiuntoday

21 Desember 2020

MADIUN – Lapak UMKM Kelurahan Kuncen juga dalam proses penyelesaian. Pembangunan lapak sudah mendekati usai. Program lapak yang merupakan sarana peningkatan ekonomi lokal bakal optimal. Apalagi, lapak berada tak jauh dari destinasi wisata religi Masjid Kuno Kuncen.

‘’Lapak ini lokasinya di Jalan Masjid Raya. Depannya masjid Kuncen. Lapak ini sekaligus menjadi fasilitas baru wisata Religi Masjid Kuncen,’’ kata Lurah Kuncen Mamad Hariyanto R, Senin (21/12).

Mamad menyebut bangunan lapak seluas 2,5×5 meter. Pengerjaan bisa dibilang telah usai kini. Sebab, hanya tinggal pekerjaan akhir. Bangunan dikonsep semi terbuka. Artinya, dinding tak menutup penuh. Areal di sekitarnya juga masih cukup luas. Mamad menyebut areal itu bisa digunakan untuk parkir. Artinya, lapak dekat lokasi parkir wisatawan di Masjid Kuncen.

‘’Kalau luasan tanahnya mungkin ada sekitar 300 meter persegi. Jadi prinsipnya seperti ditempat wisata religi pada umumnya,’’ imbuhnya.

Produk yang akan dijual juga beragam. Layaknya warung, lapak rencananya menjual beraneka minuman dan jajanan. Namun, bisa juga produk yang lain. Hal itu wajar, mengingat lapak bakal buka siang dan malam dengan penjual yang bergantian. Namun pada prisipnya lapak tersebut untuk pelaku UMKM di Kelurahan Kuncen.

‘’Kalau untuk bangunan lapaknya memang cukup kecil. Tetapi nanti juga ada gerobak-gerobak untuk berjualan,’’ jelasnya.

Setidaknya, terdapat 40 gerobak. 10 di antaranya beroda. Masyarakat bisa menempatkan gerobak di areal lapak UMKM atau di depan rumah masing-masing. Sedang, sepuluh gerobak beroda tersebut tentu digunakan untuk berjualan secara keliling.

‘’Tahun 2021 nanti juga ada pengembangan. Tentunya Lapak UMKM ini akan dibuat semakin menarik,’’ ungkapnya sembari menyebut lokasi lapak merupakan rute jalur sepeda wisata 25 kilometer. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!