Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud Berlanjut di Tahun Ini

Di Posting Oleh madiuntoday

7 Januari 2021

MADIUN- Kemendikbud memastikan bakal menyalurkan bantuan kuota gratis internet akan dibagikan kembali kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen di 2021 ini. Namun, terkait pembagian yang diberikan akan mengalami perubahan. Hal itu dikarenakan skema pembagian yang digunakan berbeda.

Seperti yang dijelaskan Plt. Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im yang mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang merumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Dirinya menegaskan, program kuota gratis ini layak dilanjutkan, demi membantu mereka yang mengikuti pembelajaran jarak jauh ( PJJ) secara daring atau online di masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi Kemendikbud, banyak warga pendidikan yang terbantu, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu. Terkait bantuan kuota gratis yang diteruskan di 2021 ini, juga merupakan instruksi dari Presiden Jokowi yang meminta kepada Kemendikbud agar bantuan dilanjutkan.

Semetara itu, terkait teknis kuota gratis masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, bersama semua kalangan lainnya. Sebagai gambaran, kuota gratis telah berjalan di tahun 2020. Kemendikbud menyalurkan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya di periode September hingga Desember 2020.

Bantuan kuota gratis ini terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi. Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Peserta didik PAUD akan mendapatkan paket kuota internet sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Lalu, paket kuota internet untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.Sedangkan paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen ialah 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!