Antisipasi Penambahan Kasus, Pemkot Madiun Tambah Ruang Isolasi Covid-19

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Januari 2021

MADIUN – Meningkatnya angka pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun turut memengaruhi ketersediaan ruang isolasi. Untuk itu sebagai langkah antisipasi, pemkot menambah jumlah ruang isolasi khusus bagi penanganan pasien Covid-19.

Salah satunya seperti di RSUD Kota Madiun. Rumah sakit plat merah tersebut kini mengalihfungsikan ruang VIP menjadi kamar isolasi. “Proses renovasi sudah berjalan 4 hari. Untuk saat ini ruang VIP di Sogaten tidak menerima pasien umum. Tapi khusus bagi pasien Covid,” tutur Wali Kota Madiun Maidi, Selasa (12/1).

Selain RSUD Kota Madiun, pemkot juga menyediakan Wisma Haji dan Stadion Wilis sebagai lokasi karantina bagi pasien yang positif terjangkit Virus Corona namun dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG). Seluruh sarana prasarana terkait telah disiapkan. Meski begitu, wali kota berharap ruang isolasi tidak sampai terisi penuh dan Covid-19 di Kota Madiun bisa segera diatasi.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Madiun dr. Agus Nurwahyudi mengungkapkan bahwa sebelumnya RS di wilayah Kelurahan Sogaten itu telah menyediakan 1 bangsal untuk penanganan pasien Covid-19. Baik yang berstatus terkonfirmasi maupun suspect.

Namun, saat ini telah ditambah 1 bangsal lagi di ruang VIP sebagai kamar isolasi. “Maka dibagi menjadi 1 bangsal digunakan khusus bagi pasien confirm dan 1 bangsal lainnya khusus pasien suspect yang masih menunggu hasil tes PCR,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, masing-masing kamar terdiri atas satu tempat tidur. Namun, jika terjadi lonjakan kasus dan ruang isolasi menipis bisa dimungkinkan 1 kamar 2 bed. “Tapi kami berharap itu tidak terjadi. Maka, kita harus patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19,” tandasnya. (WS Hendro/irs/Madiuntoday)

Artikel Terkait

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun sepertinya bakal diperpanjang. Hal itu, mengemuka dari keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa-Bali sampai 8 Februari nanti. Wali Kota Madiun Maidi menyebut SK PPKM untuk...

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

MADIUN – Penanganan Covid-19 memang tidak boleh sembarangan. Karenanya, terdapat alur khusus penanganan tersebut. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun mengeluarkan alur penanganan kasus konfirmasi Covid-19 untuk Kota Pendekar....

Don`t copy text!