Sebelas Sembuh, Disiplin Protokol Kesehatan Kunci Cegah Penularan

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Januari 2021

MADIUN – Kasus konfirmasi di Kota Madiun cukup tinggi belakangan ini. Terdapat 20 kasus konfirmasi hari ini, Selasa (12/1). Kendati begitu, kasus kesembuhan juga cukup tinggi. Setidaknya, sebelas dari 20 kasus konfirmasi hari ini telah sembuh. Yakni, kasus konfirmasi nomor 530, 531, 532, 533, 534, 535, 536, 537, 538, 539, dan 540.

Kasus Konfirmasi Sekaligus Sembuh

Konfirmasi nomor 530
Kasus nomor 530 berinisial NK (21) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Demangan. NK merupakan kontak kasus konfirmasi nomor 381. Karena merupakan kontak erat, NK dilakukan swab tes. Hasil keluar dan NK juga terkonfirmasi positif Covid-19. NK sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 531
Kasus nomor 531 berinisial MM (50) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Nambangan Lor. MM merupakan kontak kasus konfirmasi di tempatnya bekerja. Karena merupakan kontak erat, MM dilakukan swab tes. Hasil keluar dan MM juga terkonfirmasi positif Covid-19. MM sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 532-533
Kasus nomor 532 berinisial FN (10) berjenis kelamin perempuan. Kasus nomor 533 berinisial NF (7) berjenis kelamin perempuan. Keduanya merupakan anak dari warga Kelurahan Josenan dan merupakan kontak kasus konfirmasi nomor 395. Pada keduanya dilakukan swab tes. Hasil keluar dan FN dan NF juga terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 534
Kasus nomor 534 berinisial DR (58) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Manisrejo. DR merupakan kontak kasus konfirmasi nomor 419. Karena merupakan kontak erat, DR dilakukan swab tes. Hasil keluar dan DR juga terkonfirmasi positif Covid-19. DR sempat menjalani isolasi di rumah sakit namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 535
Kasus nomor 535 berinisial EY (41) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Tawangrejo.
EY merupakan kontak kasus konfirmasi dan kemudian dilakukan swab tes. Hasil keluar dan EY juga terkonfirmasi positif Covid-19. EY sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 536
Kasus nomor 536 berinisial ES (54) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Taman. ES memiliki hasil skrining rapid reaktif dari salah satu laboratorium di Kota Madiun. ES lantas ybs dilakukan swab tes. Hasil keluar dan ES juga terkonfirmasi positif Covid-19. ES sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 537
Kasus nomor 537 berinisial AT (15) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Pandean. AT merupakan kontak kasus konfirmasi nomor 425. Berstatus kontak erat, AT dilakukan swab tes. Hasil keluar dan AT juga terkonfirmasi positif Covid-19. AT sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 538-539
Kasus nomor 538 berinisial DR (22) berjenis kelamin laki-laki. Kasus nomor 539 berinisial HW (51) berjenis kelamin perempuan. Keduanya merupakan warga Kelurahan Taman. Keduanya memiliki hasil skrining rapid reaktif dari salah satu laboratorium di Kota Madiun. DR dan HW lantass dilakukan swab tes. Hasil keluar dan keduanya juga terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Konfirmasi nomor 540
Kasus nomor 540 berinisial LM (45) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Sukosari. LM merupakan kontak kasus konfirmasi sehingga dilakukan swab tes. Hasil keluar dan LM juga terkonfirmasi positif Covid-19. LM sempat menjalani isolasi di rumah namun telah sembuh kini.

Kasus Konfirmasi

Konfirmasi nomor 541
Kasus nomor 541 berinisial SB (72) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Patihan. SB memiliki riwayat penyakit degeneratif dan kambuh. SB lantas memeriksakan diri ke dokter spesialis. Kondisi SB tiba-tiba memburuk sehingga dibawa ke salah satu rumah sakit dan dilakukan rapid tes dengan hasil reaktif. Swab tes juga dilakukan. Namun, SB meninggal dunia sebelum hasil keluar. SB dimakamkan sebagai pasien probable. Hasil keluar setelahnya dan SB terkonfirmasi positif Covid-19.

Konfirmasi nomor 542
Kasus nomor 542 berinisial DM (68) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Kartoharjo. DM merasakan sesak sehingga dibawa ke IGD rumah sakit di Kota Madiun. Toto thorax dilakukan dan diketahui terdapat flek pada paru-paru sehingga DM dimasukkan ruang isolasi. Swab tes dilakukan dan DM juga terkonfirmasi positif Covid-19. DM menjalani isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Madiun. DM mendapat kunjungan keluarga dari Jakarta sebelum sakit.

Konfirmasi nomor 543
Kasus nomor 543 berinsial PW (62) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Nambangan Kidul. PW mengeluh badan lemas sehingga memeriksakan diri ke rumah sakit dan diberi obat jalan. Keluhan tidak kunjunga membaik dan PW kembali ke rumah sakit. PW dilakukan rapid tes namun hasilnya non reaktif sehingga kembali diberi pengobatan rawat jalan. Namun, keluhan semakin memburuk. PW lantas memeriksakan diri ke rumah sakit di Kabupaten Madiun. Swab tes dilakukan dan hasil keluar menyatakan PW terkonfirmasi positif Covid-19. PW menjalani isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Madiun.

Konfirmasi nomor 544
Kasus nomor 544 berinisial LA (53) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Nambangan Kidul. LA merasakan batuk, demam, mual, dan lemas. LA sempat menerima tamu dari jakarta sebelum sakit. Tamu dari ibu kota itu diketahui positif Covid-19 setelah melakukan swab setiba di Jakarta. Karena mempunyai penyakit komorbid, LA memeriksakan diri ke rumah sakit di Solo. Rapid tes dilakukan dengan hasil reaktif. LA kembali ke Kota Madiun dan melakukan swab tes di salah satu laboratorium swasta. Hasil keluar dan LA juga terkonfirmasi positif Covid-19. Karena ruang isolasi penuh, LA menjalani isolasi mandiri di rumah di bawah pengawasan petugas wilayah saat ini.

Konfirmasi nomor 545
Kasus nomor 545 berinsial WH (57) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Rejomulyo. WH sempat dibawa ke rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Madiun karena mengeluh badan sakit semua setelah terjatuh di kamar mandi rumahnya. WH juga dilakukan swab tes. Kondisi WH memburuk dan meninggal dunia di rumah sakit tersebut. WH dimakamkan dengan prosedur Covid-19. Hasil swab tes keluar setelahnya dan menyatakan WH terkonfirmasi positif Covid-19. WH diketahui mempunyai riwayat penyakit komorbid.

Konfirmasi nomor 546
Kasus nomor 546 berinsial BM (56) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Klegen. BM mengeluh demam lama sehingga memeriksakan diri ke dokter praktek mandiri. Karena keluhan tidak kunjung membaik, BM memeriksakan diri ke puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit. Rapid tes dilakukan dengan hasil reaktif. Selain itu, foto thorax BM juga terlihat adanya flek sehingga dilanjutkan dengan swab tes. Kondisi BM memburuk dan akhirnya meninggal dunia. BM dimakamkan sebagai pasien probable. Hasil swab keluar setelahnya dan BM terkonfirmasi positif Covid-19.

Konfirmasi nomor 547
Kasus nomor 547 berinisial SW (63) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Sukosari. SW berinisiatif melakukan rapid antigen dengan hasil reaktif. SW kemudian melakukan swab tes mandiri dan hasil keluar menyatakan positif Covid-19. SW menjalani isolasi mandiri di rumah di bawah pengawasan petugas wilayah.

Konfirmasi nomor 548
Kasus nomor 548 berinisial SH (55) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Ngegong. SH merasakan keluhan demam dan batuk sehingga berobat ke salah satu rumah sakit di Kota Madiun. Foto thorax dilakukan dengan hasil adanya gambaran pneumonia sehingga dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit rujukan. SH dilakukan swab tes dan hasilnya positif Covid-19. Kondisi pasien sudah membaik dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari petugas wilayah.

Konfirmasi nomor 549
Kasus nomor 549 berinisial HG (60) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Winongo. HG merasakan sesak dan nyeri di dada sehingga memeriksakan diri ke rumah sakit dan dilakukan perawatan rawat jalan. Keluhan semakin parah, HG kembali ke rumah sakit dan dilakukan swab tes dengan hasil positif Covid-19. HG diketahui empat melakukan perjalanan beberapa hari ke Gresik dan Kabupaten Madiun untuk takziah sebelum sakit. HG menjalani isolasi di salah satu rumah sakit Kota Madiun karena kondisi yang belum stabil.

Kasus konfirmasi menjadi 549 orang dengan 367 di antaranya telah sembuh. 38 lainnya masih dalam perawatan, 99 orang isolasi mandiri, dan 45 oraag meninggal dunia. Tambahan tiga meninggal dari kasus nomor 541, 545, dan 546 seperti penjelasan di atas. (vincent/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun sepertinya bakal diperpanjang. Hal itu, mengemuka dari keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa-Bali sampai 8 Februari nanti. Wali Kota Madiun Maidi menyebut SK PPKM untuk...

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

MADIUN – Penanganan Covid-19 memang tidak boleh sembarangan. Karenanya, terdapat alur khusus penanganan tersebut. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun mengeluarkan alur penanganan kasus konfirmasi Covid-19 untuk Kota Pendekar....

Don`t copy text!