Majukan UMKM, Wali Kota: Konsumsi Kegiatan Kelurahan Harus Beli dari UMKM Lokal

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Januari 2021

MADIUN – Upaya Wali Kota Madiun Maidi memajukan UMKM tak perlu diragukan lagi. Setelah pembangunan Lapak UMKM di tiap kelurahan dan jalur sepeda wisata, orang nomor satu di Kota Madiun tersebut juga mewajibkan urusan konsumsi setiap kegiatan kelurahan untuk melibatkan pelaku UMKM lokal.

‘’Urusan konsumsi semua kegiatan kelurahan, harus diambilkan dari UMKM di kelurahan tersebut. Jangan langsung, mengambil dari luar kelurahan apalagi luar daerah,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi, Kamis (14/1).

Hal itu diharapkan semakin menumbuhkan pelaku UMKM lokal di kelurahan. Bahkan, saat produk yang dimaksud tak tersedia, Wali Kota Maidi juga meminta untuk langsung lari ke luar daerah. Namun, mendahulukan kelurahan dalam satu kecamatan, baru lintas kecamatan dan luar daerah. Harapannya, perputaran uang tidak keluar dari Kota Madiun.

‘’Kalau benar-benar terpaksa dan memang harus itu, baru diambilkan dari daerah lain. Prinsipnya, kelurahan sendiri harus didahulukan, kalau tidak ada baru ke kelurahan lain. Tidak ada lagi, baru kelurahan lintas kecamatan dan seterusnya,’’ ungkapnya.

Hal tersebut bukan tanpa sebab. Wali kota berharap adanya kelurahan mandiri di Kota Madiun. Artinya, apa yang dibutuhkan sudah tersedia di kelurahan tersebut dan tidak bergantung ke kelurahan lain apalagi bergantung daerah lain. Itu penting karena akan menimbulkan efek domino biarpun hanya dari satu transaksi.

‘’Kalau UMKM dibeli, uangnya dibelanjakan lagi untuk beli bahan, warung jadi ikut ramai, warung juga kulakan lagi ke petani, petani bisa memperkerjakan buruh tani dan terus berkaitan. Satu transaksi bisa berdampak ke empat sampai lima hal lain,’’ jelasnya.

Wali kota menyebut hal tersebut sesuai dengan intervensi berbasis lokal arahan Presiden Joko Widodo. Artinya, warga dalam kelurahan berdaya dan dapat mengcukupi kebutuhan warganya secara mandiri. Termasuk urusan wisata.

‘’Kelurahan tidak punya tempat wisata, kita bangunkan. Bisa buat hiburan warga sendiri dan bahkan mengundang warga luar untuk datang. Intervensi berbasis lokal arahan presiden ya seperti ini,’’ pungkasnya. (dhevit/ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

Tren Kasus Meningkat, PPKM di Kota Madiun Terancam Diperpanjang

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Madiun sepertinya bakal diperpanjang. Hal itu, mengemuka dari keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa-Bali sampai 8 Februari nanti. Wali Kota Madiun Maidi menyebut SK PPKM untuk...

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

Biar Tak Salah Paham, Begini Alur Penanganan Covid-19 di Kota Madiun

MADIUN – Penanganan Covid-19 memang tidak boleh sembarangan. Karenanya, terdapat alur khusus penanganan tersebut. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun mengeluarkan alur penanganan kasus konfirmasi Covid-19 untuk Kota Pendekar....

Don`t copy text!