Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Ruang Isolasi di RSUD Sogaten dan Asrama Haji Penuh

Di Posting Oleh madiuntoday

19 Januari 2021

MADIUN – Masyarakat Kota Madiun baiknya semakin patuh aturan dan disiplin protokol kesehatan. Bagaimana tidak, fasilitas perawatan pasien Covid-19 mendekati penuh di Kota Madiun. Setidaknya, dua tempat isolasi sudah dalam ambang batas tak mampu lagi menampung pasien. Yakni, ruang isolasi di RSUD Kota Madiun dan Asrama Haji.

‘’Untuk yang di Asrama Haji kapasitasnya 62 tempat tidur. Memang tidak semuanya terisi karena aturan maksimalnya 60 persen dari kapasitas. Saat ini sedang kita siapkan penambahan 29 tempat tidur lagi,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun dr Denik Wuryani, Selasa (19/1).

Namun, bukan berarti tanpa kendala. Jumlah pasien tak sebanding dengan tenaga kesehatan yang merawat. Karenanya, penambahan 29 bed tersebut juga belum dapat diaplikasikan saat ini. Denik menyebut pihaknya tengah mempersiapkan tambahan tenaga kesehatan tersebut.

‘’Sebenarnya bed sudah ditambahkan, tinggal penambahan tenaga, ini sedang kita siapkan,’’ jelasnya.

Hal senada juga terjadi di RSUD Kota Madiun. Dari 13 tempat tidur di ruang Wijaya Kusuma juga telah penuh. Begitu juga dengan 12 di kamar di VIP dan 4 bed di IGD. Semuanya telah penuh. Pihak rumah sakit juga tengah mempersiapkan ruangan lain untuk isolasi.

Wali Kota Madiun Maidi mengimbau masyarakat wajib semakin berhati-hati. Kondisi Covid-19 saat ini memang cukup memprihatinkan. Hal itu butuh tanggung jawab kita bersama. Warga juga bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing. Paling tidak dengan disiplin mematuhi aturan.

‘’Ini tanggung jawab kita bersama. Masyarakat juga tanggung jawab menjaga dirinya, keluarganya. Paling tidak patuh dan taat aturanlah,’’ tegasnya.

Tenaga medis, lanjut wali kota, semakin kewalahan kini. Mereka turut merawat orang lain. Tetapi mereka juga butuh sehat. Masyarakat harusnya turut peduli dengan membantu memutus rantai penularan. Caranya, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah.

‘’Pemerintah sudah mengeluarkan aturan. Paling tidak itu diikuti dulu lah. Jangan sampai ada tertular. Apalagi kapasitas ruang isolasi telah penuh kini,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...