Sampaikan Hasil Sensus Penduduk 2020, Wali Kota Apresiasi Kinerja BPS

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Januari 2021

MADIUN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun menyerahkan tiga berita resmi statistik (BRS) secara langsung kepada Wali Kota Maidi, Jumat (22/1). Tiga BRS yang diserahkan adalah hasil sensus penduduk tahun 2020, Indeks Pembangunan Manusia tahun 2020, dan BRS Kemiskinan tahun 2020.

Berdasarkan hasil yang disampaikan, diketahui bahwa pada tahun 2020, jumlah penduduk di Kota Madiun sebanyak 195.175 jiwa. Jumlah tersebut diperoleh dari hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dilakukan secara online maupun dilakukan dengan kombinasi pencacahan di lapangan. Sekaligus juga satu data dengan jumlah yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Madiun.

Selain itu, berdasarkan data yang disajikan, Indeks Pembangunan Manusia di Kota Madiun masih menduduki kategori sangat tinggi. Yaitu, berada di urutan ketiga tertinggi se Jawa Timur. Sementara, untuk data kemiskinan, Kota Pendekar termasuk penduduk tidak termiskin ketiga di Jawa Timur atau tingkat kemiskinan di Kota Madiun berada di peringkat ketiga terbawah se Jatim.

Artinya, dengan hasil yang didapatkan ini, menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Madiun cukup berhasil terkait pembangunan.
“Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja BPS dan Dukcapil. Sensus Penduduk yang satu data ini bisa memudahkan pemerintah untuk memetakan penduduknya,” ungkap Wali Kota Maidi.

Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, wali kota juga mengatakan, capaian IPM sangat tinggi juga merupakan komitmen pemerintah untuk membuat masyarakat sejahtera. “Meskipun APBD kita lebih kecil daripada daerah-daerah lainnya, tapi kita bisa membuktikan kalau capaian IPM kita sangat tinggi,” pungkasnya.
(Nanda/kus/diskominfo)

Artikel Terkait

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

Polisi Di Kota Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

MADIUN - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik terus berlanjut. Mulai Senin (1/3), jajaran Polres Madiun Kota mengikuti kegiatan penyuntikan vaksin untuk meningkatkan imun tubuh terhadap Virus Korona tersebut. Proses penyuntikan...

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Madiun

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) semakin memperluas penggunaan GeNose C19 di stasiun. Terbaru, mereka menambahkan empat stasiun lagi untuk menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 ini. Salah satunya, di Stasiun Besar Madiun. Layanan pemeriksaan GeNose C19 di...

Don`t copy text!