Soto Unyil, Kuliner Andalan Joglo Palereman Kelun

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Februari 2021

Tak hanya Nikmat, Tapi Juga Ramah Di Kantong

MADIUN – Keberadaan lapak UMKM kelurahan menjadi jujukan wisata baru bagi masyarakat di Kota Madiun. Hal ini tak lepas dari uniknya bangunan lapak di setiap kelurahan sehingga mengundang ketertarikan masyarakat untuk berfoto di setiap lokasi.

Misalnya seperti di Kelurahan Kelun. Lapak UMKM yang diberi nama Joglo Palereman itu menampilkan kesan layaknya di rumah khas Jawa. Selain itu, lokasinya yang berada di sekitar sawah semakin menambah suasana nyaman bagi para pengunjung

Namun tak hanya suasana dan bangunan yang cantik saja, lapak UMKM Joglo Palereman juga menyajikan berbagai kuliner yang nikmat dan ramah di kantong. Salah satunya seperti Soto Unyil. Cukup dengan merogoh kocek Rp 2 ribu saja, pengunjung sudah bisa menikmati Soto Ayam yang menggugah selera.

‘’Namanya Soto Unyil karena disajikan dalam mangkok kecil,’’ tutur Sriwati, penjual Soto Unyil di Lapak UMKM Joglo Palereman Kelun.

Tak hanya Soto Ayam, Sriwati juga menyediakan sundukan sate dan gorengan dengan harga yang tak kalah terjangkau. Pantas saja jika Soto Unyil kini semakin dikenal. Bahkan, ramai di media sosial.

Sriwati mengatakan, sejak buka di Joglo Palereman dirinya kedatangan pengunjung dari berbagai daerah. Terjauh berasal dari Magetan dan Ponorogo. ‘’Katanya tahu dari Instagram,’’ ungkapnya.

Sriwati pun tak menyangka bahwa soto buatannya semakin dikenal masyarakat. Apalagi, dia baru beberapa pekan berjualan di lapak UMKM Kelun. Namun, kini dia bisa berjualan hingga dua shift. Yakni, pada pukul 06.00 – 10.00 dan 16.00 19.00. Sebelumnya, dia berjualan di kantin salah satu sekolah dasar di Kota Madiun.

Tak hanya Soto Unyil Sriwati, lapak UMKM Joglo Palereman Kelun juga menyediakan camilan tradisional, jamu, dan makanan ringan. Selain itu, di lokasi tersebut juga tersedia UMKM non kuliner. Seperti, kerajinan tangan, produk fashion T-Shirt Kota Madiun, dan produk PKK lainnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!