Fitur Pembuatan Akun Calon Penerima Kartu Prakerja Diaktifkan Kembali

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Februari 2021

MADIUN – Meskipun hingga kini belum tersiar kabar terkait kapan pembukaan pendaftaran gelombang 12 kartu prakerja, namun manajemen pelaksana (PMO) Kartu Prakerja sudah mengaktifkan kembali fitur pembuatan akun calon penerima di situs mereka.

Dalam rilisnya, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan pembukaan akun bisa dilakukan di situs Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id mulai, Minggu (21/2). Dengan begitu, masyarakat yang berminat mengikuti program ini bisa membuat akun terlebih dahulu.

Dijelaskan, bagi mereka yang sudah memiliki akun di tahun 2020 tetapi belum lolos seleksi, bisa melakukan pembaharuan akun jika ada data yang berubah. Terkait pembukaan proses seleksi gelombang 12 , akan diumumkan selanjutnya.

Dalam unggahan akun Instagram @prakerja.go.id, manajemen menerangkan masyarakat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang apabila sudah memiliki akun.
Namun, hingga saat ini pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 belum juga dibuka, lalu apa alasannya?

Kabar terakhir dari Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, panitia masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja (KCK) terkait kelangsungan program pada tahun ini.

Sementara, terkait syarat calon penerima program, saat ini belum ada perubahan. Berikut syarat bagi peminat kartu prakerja. Yakni,
Warga Negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal. Pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK. Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti mereka yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Terakhir, mereka yang bukan merupakan pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN dan BUMD.
(Dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!