Razia Kendaraan, Petugas Dishub Dapati 12 Kendaraan Tak Layak Jalan

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Februari 2021

MADIUN – Kendaraan bermotor wajib memiliki kelengkapan administrasi dan memenuhi syarat layak jalan. Karenanya, razia gabungan petugas Dinas Perhubungan dengan Kepolisian digelar, Selasa (23/2). Kegiatan tersebut guna memastikan sejumlah kendaraan tersebut benar-benar memenuhi persyaratan layak jalan. Benar saja, 12 kendaraan kedapatan tidak memenuhi syarat layak jalan selama giat operasi tersebut.

‘’Laporan dari petugas di lapangan ada 12 kendaraan yang over dimensi, overload, dan over tonase. Kesemuanya kita tindak dengan penilangan,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Harum Kusumawati.

Kebanyakan kendaraan tersebut sudah diubah dari bentuk awalnya. Harum mencontohkan adanya penambahan tinggi, lebar, atau panjang pada bagian bak kendaraan. Hal tersebut jelas tidak diperbolehkan. Kapasitas kendaraan yang ditambah membahayakan kendaraan itu sendiri maupun kendaraan lain. Belum lagi, dapat merusak jalan karena dilewati kendaraan dengan beban melebihi kapasitas.

‘’Kami juga melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK. Kalau ada pelanggaran langsung kami serahkan kepada petugas Kepolisian karena mereka yang wajib melakukan penindakan,’’ ungkapnya.

Harum menambahkan petugasnya juga menemukan sejumlah kendaraan yang mati uji. Pelanggaran jenis tersebut juga langsung diserahkan kepada petugas Kepolisian. Harum berharap pemilik kendaraan patuh akan aturan. Tidak menambah kapasitas kendaraan maupun melewati masa uji berkala. Selain itu, tentu juga kelengkapan SIM dan STNK. Kegiatan operasi gabungan masih akan digelar dua hari ke depan. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!