Menuju Seleksi Adiwiyata Nasional, 9 Sekolah Jalani Pendampingan

Di Posting Oleh madiuntoday

3 Maret 2021

MADIUN – Sembilan sekolah di Kota Madiun akan menjalani seleksi Adiwiyata tingkat nasional tahun ini. Untuk itu, pendampingan oleh Tim Adiwiyata Kota Madiun terus dilakukan. Harapannya, seluruh sekolah mampu meraih standar yang lebih tinggi terhadap program pendidikan lingkungan hidup tersebut.

Salah satunya seperti di SDN 02 Mojorejo. Rabu (3/3), Tim Adiwiyata Kota Madiun mendatangi sekolah di Jalan Abdurahman Saleh itu untuk memantau persiapannya menjalani seleksi.

“Pendampingan ini akan terus kami lakukan sampai April nanti seluruh sekolah yang maju seleksi tahun ini harus mengirimkan berkas ke pusat. Kemudian, hasilnya akan kita dapatkan pada Agustus mendatang,” tutur Indra Budi, salah satu Tim Adiwiyata Kota Madiun.

Tidak hanya bangunan fisik dan lingkungan di sekitar sekolah, beberapa komponen lainnya juga menjadi perhatian dalam penilaian Adiwiyata. Salah satunya, dokumen. Indra mengimbau agar semua sekolah mampu menyusun dokumen secara rinci dan sesuai dengan standar pendidikan yang seharusnya diterapkan dalam program Adiwiyata.

“Di dalam Adiwiyata, bukan fisik sekolah yang menjadi penting. Tapi, bagaimana mengubah perilaku warga sekolah, mulai dari guru, karyawan, hingga siswa, agar lebih cinta lingkungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan, inovasi dalam pengelolaan lingkungan juga menjadi poin penting dalam pembelajaran Adiwiyata. Tidak sekadar mendaur ulang sampah, tapi guru juga wajib memberikan pemahaman kepada anak didiknya manfaat dan nilai-nilai yang terkandung dari kegiatan tersebut.

“Dengan mengetahui manfaat dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan daur ulang sampah, harapannya siswa bisa lebih memahami makna dari kegiatan tersebut. Serta, belajar lebih banyak dalam mengelola lingkungan,” jelasnya.

Selain SDN 02 Mojorejo, tahun ini sekolah lainnya yang juga maju ke tingkat nasional yaitu SDN 01 Manisrejo, SDN Banjarejo, SDN 02 Pandean, SDN 01 Tawangrejo, SDN Pilangbango, SDN 02 Kanigoro, SDN 01 Winongo, dan SMPN 5 Madiun. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Mulai Besok, Pemprov Jatim Beri Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

Mulai Besok, Pemprov Jatim Beri Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

MADIUN - Pemprov Jawa Timur kembali memberikan diskon pajak kendaraan bermotor. Melalui program Diskon Ramadhan, kebijakan tersebut akan berlaku selama dua bulan. Yakni, mulai 20 April hingga 24 Juni 2021. Besaran pajak yang ditetapkan berbeda untuk setiap jenis...

Don`t copy text!