Menikmati Segarnya Tape Kambang di Lapak UMKM Demangan, Bangkitkan Kenangan Wedang Zaman Dulu

Di Posting Oleh madiuntoday

8 Maret 2021

MADIUN – Pada zaman dahulu, Tape Kambang merupakan minuman yang akrab bagi masyarakat dari berbagai usia. Namun, seiring berjalannya waktu minuman ini semakin langka. Bahkan, sebagian masyarakat asing dengan minuman ini pada zaman sekarang.

Untuk membangkitkan kenangan tentang wedang zaman dulu ini, salah satu pedagang di Lapak UMKM Demangan menyediakan minuman legendaris ini. Tape Kumambang Mbak Galuh, namanya. Minuman yang tersedia sejak pagi itu dapat disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.
Bahan yang digunakan cukup sederhana. Antara lain, tape, kelapa muda diiris tipis, gula, daun pandan, dan kayu manis. Sajian ini cocok dihidangkan sebagai pelengkap makanan.

Tak hanya Tape Kambang, di lapak tersebut juga tersedia Soto Batok dengan harga terjangkau. Selain itu, ada Rica-Rica Mentok, Lontong Sayur, dan berbagai kuliner khas lainnya. Untuk minumannya pun tersedia Teh Bunga Telang, Teh Daun Kelor, Wedang Uwuh, dan masih banyak lagi.

Lurah Demangan Aji Kurniawan menuturkan, produk yang dipajang di Lapak UMKM Kelurahan Demangan memang diproduksi oleh warganya. Sebelumnya, mereka belum memiliki lapak khusus untuk berjualan. Dengan adanya lapak UMKM ini diharapkan dapat menampung para pedagang dan membantu mereka bertemu dengan pembeli.

Tidak hanya kuliner, Lapak UMKM Demangan nantinya juga akan diramaikan oleh stan khusus yang menjual souvenir dan kerajinan tangan. Selain itu, mereka juga menampung anak muda yang memiliki usaha sablon dan konveksi.
‘’Jadi, akan semakin mempermudah kebutuhan masyarakat karena semuanya tersedia di satu tempat,’’ ujarnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!