PTM Sudah Boleh Dilakukan, Wali Kota Pilih PTM Berkonsep Outdoor Learning Sejumlah Pelajaran

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Maret 2021

MADIUN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro kembali diperpanjang. Namun, terdapat sejumlah kelonggaran dalam penerapannya. Salah satunya, terkait Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM). Sesuai Inmendagri 6/2021 penerapan KBM boleh secara tatap muka maupun masih menggunakan konsep daring. Namun, tentu dengan syarat khusus. Salah satunya, semua tenaga pendidik wajib sudah tuntas dilakukan vaksinasi.

Melihat kondisi itu Kota Madiun cukup siap melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sebab, proses vaksinasi tenaga pendidik sudah sampai pada tahap kedua. Kendati begitu, Wali Kota Madiun Maidi tidak mau gegabah. Karenanya, proses PTM rencananya bakal dilakukan secara bertahap.

‘’Dalam PPKM mikro kali ini mungkin akan kita lihat anak sekolah. Artinya, Pembelajaran Tatap Muka. Tetapi tentu dengan skema dan konsep yang benar-benar aman,’’ kata wali kota, Senin (22/3).

Wali kota berencana melaksanakan PTM dengan konsep outdoor learning. Artinya, tetap tatap muka tetapi tidak di dalam kelas. Pun, hanya mata pelajaran (mapel) pilihan. Seperti mapel bertemakan alam. Mulai Biologi, atau IPA untuk SD. Sebab, ada banyak pembelajaran yang dapat dilakukan. Salah satunya, terkait ekosistem. PTM outdoor learning dirasa tepat dengan kondisi sekarang ini. Namun, hal itu tetap berdasarkan izin orang tua.

‘’Jadi kita pilih dulu mapel tertentu yang dilakukan tatap muka tetapi di pembelajarannya di luar kelas. Seperti biologi atau yang lainnya,’’ ungkapnya.

Namun, lanjut wali kota, PTM tetap berdasar izin orang tua. Artinya, proses pembelajaran bisa tetap dilakukan secara daring jika izin tak diberikan. PTM di luar kelas juga tetap dengan pembatasan dan tentu juga dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

‘’PTM memang terus kita siapkan. Tetapi tentu tidak kemudian dipaksanakan. Tetap harus terukur dan benar-benar aman,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!