Capai Kata Sepakat dengan Bupati, Walikota: Pembangunan RRT Segera Terealisasi

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Maret 2021

MADIUN – Pembangunan Ring Road Timur (RRT) bakal berjalan semakin cepat ke depan. Bagaimana tidak, Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun telah mencapai kata sepakat. Hal itu, terlihat dari ditandatanganinya kerja sama pembangunan daerah antara keduanya. Salah satunya, terkait pembangunan RRT tersebut.

‘’Ring Road Timur ini kan rencananya melintasi dua wilayah. Ada sebagian kabupaten yang kena. Karenanya, perlu adanya kesepakatan agar pembangunannya bisa berjalan lancar,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi di Bakorwil I Madiun, Senin (29/3).

Bahkan, proses pembangunan sudah mulai berjalan biarpun masih sekedar urusan administrasi. Pun, Pemkot Madiun juga sudah menggandeng akademisi untuk melakukan Feasibility Study atau studi kelayakan beberapa waktu lalu. Tak heran, rencana awal jalur RRT tersebut juga sudah mengemuka. Hanya, jalur tersebut tentu bukan final. Perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten Madiun hingga akhirnya sampai ke Gubernur Jawa Timur.

‘’Sebelumnya kita selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan bapak bupati. Tetapi itukan sifatnya langsung secara lisan. Adanya kesepakatan ini sekaligus menjadi payung hukum. Artinya, kerja sama ini semakin kita tingkatkan,’’ ungkapnya.

Kerja sama, kata wali kota, memang tidak khusus mengatur pembanguan RRT. Namun, itu terkait di dalamnya. Pembahasan bersama terkait pembangunan RRT bakal semakin sering dilakukan ke depan. Bukan hanya soal rute yang dilewati. Namun, juga akan membahas spesifikasinya. Mulai lebar jalan, titik SPBU, area pemberhentian sementara, hingga pemebasan lahan. Urusan pembebasan lahan memang dikembalikan kepada pemerintah daerah masing-masing.

‘’Prinsipnya pembahasan kita terkait ring road ini semakin intens agar semakin cepat direalisasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,’’ jelasnya.

Wali kota menyebut keberadaan RRT sudah dinantikan masyarakat. Sebab, keberadaan RRT diyakini bakal mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Khususnya, Kota Madiun wilayah timur dan Kabupaten Madiun wilayah tengah. Berbagai investor juga sudah mulai melirik ingin mengembangkan bisnis di kawasan itu karena adanya ring road.

‘’Perbedaan pendapat itu biasa demi kesempurnaan ke depannya. Jangan malah diam saat di awal dan menjadi masalah di belakang nanti. Dengan kerja sama ini harapannya tentu agar pembangunan di daerah baik di kota maupun kabupaten dapat berjalan sebagaimana mestinya,’’ pungkas wali kota.

Seperti diberitakan, usulan Pemerintah Kota Madiun terkait pembangunan RRT telah disetujui pemerintah pusat. Pun, pemerintah pusat telah menganggarkan sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan tersebut. Proses perencanaan telah dimulai dan terus berjalan. Salah satunya, penandatangan kesepakatan bersama terkait pembangunan tersebut. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!