Optimalkan Pembangunan Lintas Wilayah, Walikota-Bupati Teken Kerja Sama Pembangunan Daerah

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Maret 2021

MADIUN – Pembangunan di Kota dan Kabupaten Madiun bakal semakin melejit ke depan. Setidaknya kesepakatan terkait kerja sama pembangunan daerah dari keduanya terjalin, Senin (29/3). Tak hanya soal pembangunan, kerja sama tersebut juga berkaitan dengan banyak hal.

‘’Selama ini kerja sama kita sudah cukup baik. Apa-apa selalu kita koordinasikan. Tetapi dengan adanya ini kerja sama yang sudah terjalin baik ini akan semakit ditingkatkan karena sudah ada payung hukumnya,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi usai Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kota Madiun dan Pemerintah Kabupaten Madiun Tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah di Bakorwil I Madiun tersebut.

Wali kota menyebut ada banyak program pemerintah pusat untuk Jawa Timur wilayah barat. Pembangunan Ring Road Timur (RRT) salah satunya. Keberadaan RRT tersebut bakal melewati wilayah kota dan kabupaten. Tak heran, butuh kerja sama antar kedua pemerintah daerah agar pembangunannya segera terealisasikan. Seperti diketahui, pembangunan RRT sudah mendapat lampu hijau pemerintah pusat dengan menggelontorkan anggaran sekitar Rp 600 miliar. Prosesnya juga mulai berjalan kendati baru sebatas urusan administrasi.

‘’Karena ini berkaitan antar wilayah, tentu harus kita komunikasikan bersama. Memang belum sampai urusan yang mendetail. Tetapi paling tidak kita sudah ada kesepakatan. Urusan detailnya bagaimana, nanti kita lakukan pembahasan pada lain kesempatan,’’ jelasnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyebut Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot dan Pemkab Madiun bukan hanya urusan pembangunan fisik. Namun, menyeluruh. Bahkan, urusan penanganan Covid-19. Kerja sama memang sudah terjalin baik selama ini. Namun, dengan adanya MoU tersebut tentu sinergitas akan semakin ditingkatkan.

‘’Kota dan Kabupaten Madiun ini sama secara kultural. Karenanya, metodenya juga sama. Kerja sama ini penting untuk saling mendukung agar pembangunan dapat segera direalisasikan dan segera dirasakan masyarakat,’’ harapnya.

Plt Kepala Bakorwil I Madiun Karyadi berharap kerja sama akan semakin memantapkan pembangunan di kedua wilayah dalam memanfaatkan potensi masing-masing. Karyadi menyebut terdapat 38 program kegiatan untuk wilayah Bakorwil I dengan anggaran mencapai Rp 46,7 triliun. Beberapa di antaranya tentu pembangunan di Kota dan Kabupaten Madiun. Karenanya, kerja sama penting agar program pembangunan tersebut dapat terealisasikan dengan baik.

‘’Banyak potensi yang bisa disinergikan. Karenanya, butuh kerja sama yang baik agar potensi tersebut bisa termanfaatkan maksimal. Tentunya kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk Kota dan Kabupaten Madiun atas kesepakatan kerja sama ini,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!