Gelar Razia Sel Tahanan Lapas Pemuda Madiun, Petugas Temukan Telepon Genggam Hingga Sajam

Di Posting Oleh madiuntoday

6 April 2021

MADIUN – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Kemasyarakatan, Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun menggelar razia di sel tahanan narapidana, Senin (5/4) malam. Kegiatan yang dilaksanakan bersama personel Lapas Kelas I Madiun dan Polres Madiun Kota itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan menjaga kondusifitas di dalam lapas.

Dimulai pukul 20.00, seluruh petugas menggelar apel di halaman lapas. Kemudian, mereka memasuki sel tahanan satu per satu dan menggeledah barang narapidana. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah benda yang seharusnya tidak ada di dalam sel.

‘’Kegiatan ini sebagai upaya memenuhi target kinerja di wilayah Kemenkumham untuk zero handphone, pungli, dan narkoba. Rupanya, dalam razia kali ini petugas masih menemui benda-benda terlarang dari para warga binaan,’’ tutur Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun Ardian Nova Christiawan.

Beberapa benda yang berhasil diamankan petugas di antaranya sendok stainless steel, senjata tajam seperti pisau cukur, korek gas, kipas angin, dan handphone. Pengamanan ini bukan tanpa alasan. Sebab, benda-benda tersebut dapat dijadikan senjata jika terdesak. Misalnya, sendok stainless steel yang dipasah menjadi pisau.

‘’Penyalahgunaan listrik juga berpotensi kebakaran. Idealnya benda-benda itu tidak ada di dalam sel tahanan,’’ imbuhnya.

Sebagai langkah lebih lanjut, pihak lapas akan menggelar koordinasi bersama pihak kepolisian untuk mengantisipasi indikasi pelanggaran lainnya. Termasuk, penyalahgunaan narkoba di dalam wilayah lapas.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Madiun Kota Kompol Suprayogi menuturkan bahwa Polres Madiun Kota mendatangkan sekitar 60 personel untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari anggota Sabhara Polres Madiun Kota, Satreskoba, dan intel.

‘’Kami laksanakan kegiatan secara persuasif dan memastikan tidak ada gejolak seperti arahan kalapas. Harapannya, sinergi dan koordinasi terus dilakukan untuk meningkatkan upaya hukum, khususnya di wilayah Madiun,’’ tandasnya. (istimewa/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!