Mengikuti Outdoor Learning, Guru-SIswa Atasi Permasalahan Belajar Selama Ini

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2021

MADIUN – Konsep outdoor learning menjadi pilihan Wali Kota Madiun Maidi untuk mengatasi permasalahan belajar terhadap siswa. Dengan belajar di luar ruangan secara tatap muka, diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa karena hampir satu tahun belajar di rumah. Serta, mempermudah pengawasan dan penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan outdoor learning salah satunya tampak seperti yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 5 Madiun di Taman Sumber Wangi, Rabu (7/4). Sebagian mengikuti mata pelajaran Matematika. Sedangkan, sebagian lainnya Bahasa Indonesia.

Kesempatan outdoor learning ini rupanya memberikan kesan baru bagi para siswa. Misalnya, seperti diungkapkan oleh Zevanya. Siswa kelas VII itu mengaku baru pertama kali mengikuti pembelajaran tatap muka setelah diterima menjadi murid SMPN 5.

‘’Senang sekali karena baru kali ini bisa bertemu dengan teman-teman. Sebelumnya tidak pernah,’’ ujarnya.

Menurut Zevanya, pembelajaran tatap muka tidak hanya menyenangkan. Tapi juga memberikan kesempatan baginya untuk bertanya kepada guru terhadap materi yang belum dipahami. ‘’Kalau online kan sulit bertanya,’’ imbuhnya.

Tidak hanya murid-murid, kesan positif terhadap outdoor learning juga dirasakan oleh para guru. Hal ini seperti disampaikan oleh Sari Juli Astuti. Pengajar di SMPN 5 itu merasa konsep ini mempermudah proses interaksi antara guru dan murid. Sehingga, kesulitan belajar yang selama ini dialami siswa saat pembelajaran daring bisa lebih mudah diatasi.

“ Saya pribadi juga merasa senang karena kami para guru bisa tatap muka langsung dengan para siswa. Kedua, ada variasi pembelajaran. Anak mungkin merasa jenuh untuk belajar di dalam kelas,” jelasnya.

Konsep outdoor learning di Kota Madiun saat ini masih dalam tahap uji coba selama sepekan ke depan. Maka dari itu, baru diterapkan terhadap siswa SMP. Setiap hari, siswa mengikuti pelajaran selama 60 menit. Selain PSC, kegiatan ini juga dilaksanakan di Taman Bantaran, PDAM Ngrowo Bening, lapangan, area masjid, dan DPRD. (Diana/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!