Tingkatkan Keterampilan Personel Hadapi Bencana, Polda Jatim Gelar Latgab Bersama TNI dan Pemda

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2021

SARADAN – Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak pada garis khatulistiwa menyebabkan wilayahnya tak luput dari bencana alam. Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah kasus kebakaran hutan. Baik karena ulah oknum tak bertanggung jawab maupun dampak perubahan iklim global.

Untuk itu, pemahaman terkait kebencanaan ini patut dipelajari oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga, ketika terjadi peristiwa bencana, semua dapat mengambil peran untuk melakukan langkah-langkah penanganan yang strategis.

Upaya meningkatkan pemahaman terhadap kebencanaan ini seperti tampak pada Latihan Gabungan TNI-Polri, BPBD, dan Dinas Kehutanan di wilayah Kabupaten/Kota Madiun dan Kabupaten Nganjuk di Waduk Bening Widas, Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/4).

‘’Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih personel TNI-Polri dan pemerintah daerah agar lebih siap dalam menghadapi situasi bencana. Baik kebakaran lahan atau hutan, maupun bencana lainnya,’’ tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat membuka kegiatan tersebut.

Pelatihan kebencanaan diikuti oleh 110 personel gabungan dari tiga unsur masyarakat tersebut. Melalui kegiatan ini, Nico berharap dapat meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah daerah. ‘’Terutama dalam menghadapi situasi bencana. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan seluruh peserta bisa memiliki keterampilan khusus dan selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana,’’ tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!