Unjuk Kreativitas, 27 Bank Sampah Beradu Dalam Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah DLH

Di Posting Oleh madiuntoday

8 April 2021

MADIUN – Kreativitas pengelola bank sampah di Kota Pendekar memang patut diacungi jempol. Mereka mampu menyulap barang-barang bekas menjadi benda yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hal inipun terbukti dalam event Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 di Aula Kecamatan Kartoharjo, Kamis (8/4).

Ada beragam inovasi yang tercipta. Di antaranya, tas dari tutup botol, vas bunga dari cangkang telur, bunga Janda Bolong dan Anggrek dari plastik, meja dan kursi dari kaleng cat, hingga wadah tisu, air mineral gelas, dan permen dari barang-barang bekas.

Para peserta yang berasal dari 27 kelurahan di Kota Madiun itu memang berupaya menunjukkan hasil yang terbaik untuk memukau para juri. Selama dua jam, masing-masing tim yang diwakili oleh dua orang pengelola bank sampah ini merangkai kreasinya dengan teliti dan hati-hati. Kekompakan tim sangat diperlukan dalam perlombaan ini.

‘’Ada tiga kriteria penilaian. Yakni, bahan yang digunakan, kreativitas yang meliputi tingkat kesulitan dan nilai seni, serta nilai ekonomis dari benda yang dihasilkan,’’ tutur Kasi Penanggulangan dan Pemulihan Pencemaran Lingkungan Hidup DLH Kota Madiun Ardiani Angruminingsih saat ditemui di sela-sela acara.

Lebih lanjut, Ardiani menerangkan bahwa selain untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, event lomba ini juga bertujuan meningkatkan semangat masyarakat dalam upaya daur ulang sampah secara mandiri. Sehingga, tidak terjadi penumpukan sampah di Kota Madiun.

Untuk lebih memotivasi peserta, hasil kreasi hari ini nantinya akan dipajang dalam pameran untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup pada Juli mendatang. Tidak hanya dipamerkan, barang-barang hasil kreasi peserta juga bisa dijual untuk menambah pemasukan.

‘’Siapapun pemenangnya, harapan kami mereka bisa menjadi inspirasi bagi bank sampah lainnya dalam pengelolaan sampah. Khususnya, daur ulang sampah menjadi benda-benda yang memiliki manfaat dan nilai jual,’’ tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

Vaksin Saat Puasa, Pedagang Akui Tak Ada Keluhan dan Biasa Saja

MADIUN – Vaksinasi dengan sasaran pedagang pasar tradisional dimulai, Jumat (16/4). Kendati berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadan, pelaksanaan relatif berjalan lancar. Sejumlah pedagang mengaku tidak ada banyak merasakan keluhan kendati juga tengah berpuasa....

Don`t copy text!