Pembangunan Lanjutan Lapak UMKM Mulai Dikerjakan, Lapak Oro-Oro Ombo Ditarget Selesai Juni Mendatang

Di Posting Oleh madiuntoday

9 April 2021

MADIUN – Pembangunan lanjutan Lapak UMKM kelurahan mulai berjalan. Salah satunya, seperti yang terlihat di Kelurahan Oro-Oro Ombo yang sudah berjalan sekitar sepekan terakhir. Lurah Oro-Oro Ombo Imam Nurmuhhadi menyebut progres pembangunan tahap kedua itu sudah mencapai 15 persen.

‘’Kita sudah mulai 1 April kemarin. Saat ini sudah mulai pembangunan fisik lapaknya,’’ katanya, Jumat (9/4).

Dalam pembangunan lanjutan tersebut setidaknya dialokasikan Rp 350 juta. Mulai perencanaan, pengawasan, sarana dan prasarana, hingga fisik bangunannya. Lapak lanjutan ini berada tepat di sebelah barat lapak tahap pertama lalu. Rencananya, terdiri dari tiga lapak untuk berjualan dan satu joglo besar. Luasan lahan yang digunakan 31×14 meter. Rinciannya, masing-masing ukuran 2×2 untuk lapak dan 10×10 untuk bangunan joglo.

‘’Nanti juga ada arena bermain anak-anak dan taman. Selain itu ada bangunan untuk galeri tetapi untuk galeri ini rencananya di APBD perubahan nanti,’’ jelasnya.

Peruntukan lapak, lanjut Imam, masih untuk pelaku UMKM di Kelurahan Oro-Oro Ombo. Bahkan, saat ini sudah ada pelatihan di Dinas Tenaga Kerja. Artinya, persiapan juga tengah dilakukan untuk masyarakat yang akan mengisi lapak tersebut. Terkait produk, Imam menyebut masih seputar kuliner. Namun, tentunya berbeda dari yang sudah saat ini. Harapannya, menu yang ditawarkan semakin lengkap nantinya.

‘’Kemarin sudah mendapat pengarahan dari Dinas Tenaga Kerja, kira-kira menu apa yang belum ada tetapi untuk menjadi andalan kelurahan. Nah, pelaku UMKM ini kita berikan pelatihan tambahan agar semakin siap saat sudah menempati nanti,’’ ungkapnya sembari menyebut rencana pembangunan lanjutan 2022 juga sudah mengemuka dengan anggaran Rp 200 juta untuk pembangunan musala dan kamar mandi.

Camat Kartoharjo Anita Maharani menyebut semua pembangunan lanjutan Lapak UMKM kelurahan di Kecamatan Kartoharjo sudah mulai berjalan. Namun, tentu progres masing-masing lapak berbeda. Seperti halnya Lapak Kelurahan Klegen yang masih dalam tahap pengurukan dan Lapak Kelurahan Rejomulyo yang masih dalam tahap penggalian. Pembangunan, katanya, ditarget selesai tiga akhir Juni nanti.

‘’Prinsipnya (pembangunan) semua sudah mulai jalan. Ini sesuai instruksi pimpinan untuk disegerakan,’’ jelasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!