Olahraga Selama Puasa? Perhatikan 3 Waktu Yang Tepat Untuk Melakukannya

Di Posting Oleh madiuntoday

19 April 2021

MADIUN – Melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh memang penting dilakukan. Tak terkecuali saat puasa. Rupanya, berolahraga di waktu puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Meski begitu, perlu diperhatikan waktu pelaksanaannya.

Dilansir dari situs Halodoc, ada waktu yang baik untuk melaksanakan olahraga selama puasa. Nah, berikut adalah tiga waktu yang baik untuk menjalankan olahraga tanpa mengganggu ibadah puasa.

Setelah Sahur

Waktu setelah sahur merupakan salah satu yang dianjurkan untuk melakukan olahraga selama puasa. Sebab, tubuh telah menerima energi dari makanan yang dikonsumsi selama sahur.

Meski begitu, perhatikan jenis olahraga yang akan dilakukan. Sebaiknya, pilih olahraga yang ringan seperti bersepeda atau jalan di sekitar rumah. Jika dilaksanakan secara rutin, hal ini mampu menjaga kebugaran tubuh selama puasa.

Sebelum Buka Puasa

Selain setelah sahur, waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah sesaat sebelum buka puasa untuk membakar lemak dalam tubuh. Cara ini ampuh dilakukan untuk mengurangi berat badan. Sebab, di saat perut kosong maka pembakaran lemak dalam tubuh akan lebih optimal. Selain itu, tubuh akan cepat mendapatkan nutrisi ketika waktu berbuka tiba.

Meski begitu, jangan terlalu memaksakan berolahraga sebelum berbuka. Cukup lakukan selama 60 menit saja dan jangan sampai mengalami dampak negatif. Seperti, lemas, pusing, dan kesehatan menurun hingga mengganggu ibadah puasa.

Setelah Buka Puasa

Salah satu waktu terbaik yang disarankan untuk berolahraga adalah setelah berbuka puasa. Namun, beri jeda sekitar 2-3 jam setelah berbuka agar makanan bisa dicerna secara maksimal oleh tubuh.

Untuk pelaksanaan olahraga setelah berbuka puasa tidak ada pantangan apapun. Artinya, boleh melakukan olahraga dengan intensitas ringan maupun berat. Termasuk, olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga selama puasa. Asalkan, tetap memperhatikan waktu pelaksanaannya, jenis olahraga, dan asupan cairan yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan tetap terjaga kebugarannya dan tidak mengganggu waktu ibadah puasa. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!