Lomba Kebersihan Makam Usai, Kanigoro Juara Pertama, Klegen dan Banjarejo Juara Dua dan Tiga

Di Posting Oleh madiuntoday

3 Mei 2021

MADIUN – Lomba Kebersihan Makam tahun ini usai digelar. Makam di Kelurahan Kanigoro berhasil menjadi yang terbaik. Sedang, untuk juara dua dan tiga berturut diraih Makam di Kelurahan Klegen dan Banjarejo.

‘’Pada prinsipnya semua makam sudah bersih, indah, dan lebih menarik serta tidak ada kesan menyeramkan. Tetapi memang kita cari yang paling bersih,’’ kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Totok Sugiharto, Senin (3/5).

Luasan areal makam, kata Totok, juga mempengaruhi. Makam dengan areal luas tentu tidak bisa disamakan dengan makam yang lebih sempit. Merawatnya tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Totok berharap semangat menjaga kebersihan makam bukan hanya pada saat lomba. Namun, juga berlangsung rutin hingga membudidaya.

‘’Jadi harapan kami bukan hanya pada saat akan lomba. Tetapi semangat itu terus terjaga ke depannya,’’ ujarnya.

Lurah Klegen Yayak Muflihana Hanik menyebut hadiah berupa uang perawatan sebesar Rp 9 juta (belum terpotong pajak) itu akan kembali digunakan untuk keperluan makam. Khusus di Makam Klegen duit bakal digunakan pavingisasi jalan makam. Yayak menyebut akses dalam areal makam memang belum semuanya terpavingisasi. Karenanya, seringkali kesulitan saat membawa jenazah ke titik liang makam.

‘’Untuk keranda di Makam Klegen sudah ada rodanya. Tetapi karena akses di areal makam ada yang masih tanah, jadi terkadang agak kesulitan. Sedang, kalau mau diangkat kerandanya berat sekali,’’ jelasnya.

Lomba Kebersihan Makam tersebut sudah berjalan sejak tahun lalu. Pun, sempat viral karena muncul banyak makam warna-warni di Kota Madiun. Upaya Pemerintah Kota Madiun mempercantik makam itu ternyata cukup menginspirasi. Setidaknya, hal serupa juga dilakukan di sejumlah daerah lain. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Kasus Konfirmasi Tinggi Lagi, Ada 14 Tambahan Konfirmasi Hari Ini

Kasus Konfirmasi Tinggi Lagi, Ada 14 Tambahan Konfirmasi Hari Ini

MADIUN – Tambahan kasus konfirmasi sampai juga cukup tinggi hari ini, Rabu (5/5). Setidaknya, terdapat 14 tambahan kasus konfirmasi. Karenanya, belum saatnya lengah apalagi abai protokol kesehatan. Tingkatkan kewaspadaan dengan penerapan protokol kesehatan dimanapun...

Don`t copy text!