Jelang Lebaran Harga Kebutuhan Relatif Stabil, Hanya Daging Ayam yang Tercatat Naik

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Mei 2021

MADIUN – Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Madiun terpantau stabil. Hanya, daging ayam yang tercatat naik Rp 3 ribu. Harga daging ayam di Pasar Besar Madiun mencapai Rp 36 ribu saat ini. Namun, dari sejumlah harga kebutuhan lain cukup stabil.

‘’Hari ini kita melakukan pemantauan harga di pasar tradisional. Alhamdulillah, harga kebutuhan pokok menjelang lebaran ini cukup terpantau stabil kecuali daging ayam yang ada kenaikan,’’ kata Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Madiun Surat, Selasa (4/5).

Pihaknya memang melakukan inspeksi mendadak. Sasarannya, Pasar Besar Madiun dan Pasar Sleko. Rencananya, pemantauan harga kembali digelar besok dengan sasaran pasar tradisional lain dan pasar modern. Surat menjelaskan kenaikan harga daging ayam disinyalir lantaran tingginya permintaan masyarakat di bulan Ramadan ini. Namun, katanya, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok daging ayam cukup terjaga bahkan hingga lebaran nanti.

‘’Ya biasa karena permintaan tinggi kemudian harganya naik. Tetapi untuk stok aman dan cukup sampai lebaran,’’ ujarnya.

Surat menambahkan bahkan terdapat sejumlah harga kebutuhan yang tercatat turun. Salah satunya, cabai rawit yang mencapai Rp 100 ribu perkilonya jelang Ramadan lalu namun hanya tinggal Rp 46 ribu perkilonya kini. Surat menyebut harga kebutuhan pokok saat lebaran bakal diprediksi tetap stabil.

‘’Kalau menurut biasanya, pengalaman yang dulu-dulu, kalau di sepuluh hari terakhir Ramadan stabil, biasanya tetap stabil sampai lebaran. Ya mungkin ada kenaikan untuk daging ayam tadi,’’ ungkapnya sembari menyebut harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp 110 ribu perkilogramnya.

Yatini, salah seroang pedagang ayam menyebut harga daging ayam di hari biasa hanya berkisar Rp 29-30 ribu. Namun, saat ini sudah mencapai Rp 36 ribu. Kendati begitu, permintaan cukup tinggi. Dia biasanya dapat menjual 40 ekor ayam sehari. Yatini memprediksi harga daging ayam masih akan naik hingga puncaknya saat lebaran nanti.

‘’Pokoknya kalau lebaran pasti tinggi karena biasanya kosong. Bisa sampai Rp 40 ribu perkilonya,’’ terangnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!