Cek Barang Kebutuhan di Pasar Modern, Petugas Temukan Dua Makanan Kaleng Berkondisi Tak Layak

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Mei 2021

MADIUN – Inspeksi mendadak (Sidak) harga dan barang tak layak jual di tempat perbelanjaan di Kota Madiun berlanjut. Setelah meninjau sejumlah pasar tradisional, petugas Dinas Perdagangan kali ini menyasar pasar modern, Rabu (5/5). Sama seperti di pasar tradisional, harga jual barang kebutuhan di pasar modern juga terpantau stabil. Namun, petugas mendapati dua makanan kemasan kaleng dalam kondisi rusak.

‘’Kalau kadaluarsa sementara ini belum ada. Tetapi tadi ditemukan dua kaleng sarden yang kemasannya penyok. Sudah kami minta pihak manajemen untuk menariknya dari display,’’ kata Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Madiun Surat.

Surat menyebut terdapat kenaikan pengunjung dibanding moment sama tahun lalu. Manajemen toko yang dikunjunginya rata-rata menyebut terdapat kenaikan sekitar 30 persen. Kebijakan Pemerintah Kota Madiun yang lebih melonggarkan aktivitas ekonomi menjadi salah satu penyebabnya. Kenaikan pengunjung tersebut tentu saja disambut gembira manajemen toko modern.

‘’Jelang lebaran kali ini menurut pengakuan pihak manajemen sudah lebih baik dibanding lebaran lalu dari segi tingkat kunjungan masyarakat. Namun, tentu selalu kami tekankan untuk protokol kesehatan mengingat adanya lonjakan itu,’’ imbuhnya.

Tak heran, pihaknya bukan hanya memastikan harga, stok, dan mutu barang kebutuhan dalam kondisi baik. Tetapi juga memberikan imbauan kepada manajemen toko terkait urusan penerapan protokol kesehatan. Mulai tempat cuci tangan, pemeriksaan masker dan suhu, hingga pembatasan pengunjung dengan mengacu kapasitas tempat. Hal itu penting agar kesehatan masyarakat tetap terjaga dan kebutuhan tetap bisa terpenuhi.

‘’Kami terus imbau kepada manajemen untuk menekankan penerapan disiplin prokes. Baik untuk karyawan masing-masing juga kepada pengunjung,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!