Hindari Efek Negatif IT, SDN 03 Klegen Ajak Siswa Manfaatkan Teknologi Sebagai Sarana Belajar

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Mei 2021

MADIUN – Perkembangan teknologi informasi memang tak dapat dihindari. Begitu pula efek yang ditimbulkannya. Baik positif maupun negatif. Terutama, bagi anak-anak.

Untuk meminimalisasi efek negatif penggunaan gawai, SDN 03 Klegen mengajak para siswanya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi secara benar. Yakni, sebagai sarana belajar yang mudah dan menyenangkan.

Hal ini seperti tampak pada kegiatan Outdoor Learning yang dilaksanakan sekolah tersebut di kawasan Sumber Umis Kota Madiun, Kamis (6/5). Tidak hanya mengajak siswa belajar di luar ruangan, pada kesempatan itu para guru mengajarkan siswa belajar mengenal tanaman melalui aplikasi PlantNet Plant Identification.

‘’Pada kegiatan ini anak-anak sudah membawa smartphone dan mengunduh aplikasi. Kemudian, mencari tanaman untuk difoto. Selanjutnya, akan keluar nama Indonesia dan nama latin dari tanaman tersebut,’’ tutur Kepala SDN 03 Klegen Sutinah.

Menurut Sutinah, pembelajaran ini dilakukan untuk melatih siswa menggunakan gawai dengan kegiatan yang positif. Apalagi, selama satu tahun terakhir kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Otomatis, siswa menjadi sangat akrab dengan ponsel pintar.

‘’Jadi, gadget ini gunanya tidak untuk main saja. Tapi juga bisa untuk belajar. Dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung, pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan di sekolah. Tapi, anak-anak juga bisa mempraktekkannya sendiri di rumah,’’ jelasnya.

Ke depannya, Sutinah berharap para siswa bisa meningkatkan penggunaan teknologi untuk mempelajari hal-hal positif. Untuk itu, dia juga mengimbau kepada orang tua untuk senantiasa mendampingi putra-putrinya selama menggunakan gawai. Sehingga, hal-hal negatif dari perkembangan teknologi dapat dihindari. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!