Salat Tarawih di Masjid Al-Ikhlas Winongo, Wali Kota Paparkan Kondisi Covid-19 Dunia

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Mei 2021

MASJID – Kesempatan bertemu masyarakat saat Safari Ramadan Salat Tarawih dimanfaatkan Wali Kota Madiun untuk menyampaikan imbauan terkait Covid-19. Hal itu dirasa penting lantaran kondisi penyebaran virus yang sudah menjalar setahun lebih tersebut kian mengganas di berbagai negara. Karenanya, wali kota meminta untuk tidak lengah dan terus meningkatkan kewaspadaan dengan disiplin protokol kesehatan.

‘’Banyak negara-negara besar kembali lockdown saat ini. Penyebaran virus ini kembali mengganas. Kita jangan sampai lengah,’’ kata Wali Kota Maidi saat beramah tamah dengan jamaah usai pelaksanaan Salat Isya’ dan Tarawih di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Winongo, Rabu (5/5).

Pelonjakan kasus, lanjut wali kota, karena munculnya berbagai varian baru Covid-19. Varian baru itu disebut lebih ganas dari sebelumnya. Pun, lebih cepat mengakibatkan kematian. Wali kota mencontohkan di India dengan kasus kematian mencapai angka tiga ribu dalam sehari. Sedang, penularannya mencapai 300 ribu hanya dalam satu kali 24 jam.

Kota Madiun, kata wali kota, memang cukup landai saat ini. Namun, bukan berarti tidak ada kasus sama sekali. Bahkan, dalam dua hari terakhir ada 32 tambahan konfirmasi di Kota Madiun. Kondisi semakin mengkhawatirkan lantaran penambahan kasus lebih tinggi terjadi di sejumlah daerah sekitar.

‘’Harapan saya bahwa ruang isolasi itu kosong saat lebaran nanti. Artinya, semua bisa merayakan lebaran di rumah masing-masing. Ini tidak mungkin bisa terwujud tanpa kesadaran kita semua,’’ jelasnya.

Wali kota juga menyampaikan instruksi Mendagri terkait aturan buka bersama dan larangan halal bihalal tahun ini. Aturan tercantum dalam Surat Edaran nomor 800/2794 SJ yang terbit beberapa waktu lalu. Wali kota mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan. Hal itu penting agar Covid-19 dapat dikendalikan.

‘’Covid-19 berbahaya dan belum ada obatnya. Mari kita saling mengamankan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Semakin kita solid, tertib, dan disiplin Covid-19 juga semakin sulit menjangkiti,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!