Beri Vaksinasi Guru Hingga Uji Coba Konsep Outdoor Learning, Pemkot Madiun Siap Gelar PTM

Di Posting Oleh madiuntoday

19 Mei 2021

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM). Khususnya, bagi siswa SD dan SMP.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Madiun Maidi saat diwawancarai, Rabu (19/5). ‘’Jadi, untuk guru di Kota Madiun semua sudah divaksin. Kecuali, guru PAUD yang saat ini masih berjalan. Maka, tatap muka di Kota Madiun tidak ada kesulitan,’’ tuturnya.

Seperti diketahui, sesuai SKB empat menteri, yaitu Mendikbud, Menag, Mendagri, dan Menkes tanggal 30 Maret 2021 pembelajaran tatap muka dapat dilakukan dengan salah satu syarat seluruh tenaga pendidik telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali. Selain itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga telah menargetkan PTM dilaksanakan secara bertahap mulai 5 Juli 2021.

Tak hanya vaksinasi, sejak dua bulan lalu Pemkot Madiun melalui Dinas Pendidikan juga telah memulai konsep PTM dengan outdoor learning. Atau, pembelajaran secara langsung di ruang terbuka. Kegiatan ini dilakukan di sejumlah tempat ikonik dan taman di Kota Madiun. Tujuannya, untuk memudahkan siswa belajar bersama guru dan bertemu teman-teman. Namun, tetap menjaga protokol kesehatan.

Konsep outdoor learning inipun mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya dari tenaga pendidik, tapi juga orang tua siswa. Terutama, untuk mengurangi kejenuhan siswa setelah menjalani pembelajaran daring hampir satu tahun lamanya.

Meski begitu, wali kota juga tidak memaksa jika ada orang tua siswa yang merasa keberatan dengan penyelenggaraan PTM. Sebab, pembelajaran masih bisa difasilitasi secara daring. Selain itu, konsep PTM hybrid learning yang digulirkan oleh gubernur memungkinkan pembelajaran dilakukan secara luring maupun daring.

‘’Karena maksimal hanya 50 persen yang masuk ke sekolah. Nanti sisanya tetap daring. Kalau ada orang tua yang keberatan dengan PTM tidak apa-apa. Bisa disampaikan. Selain itu, di Kota Madiun juga menerapkan konsep daring outdoor learning sehingga proses pembelajaran tetap optimal,’’ paparnya.

Terkait pembentukan satgas Covid-19 di sekolah sesuai arahan gubernur, wali kota mengungkapkan bahwa Kota Madiun juga sudah siap. Sebab, di masing-masing sekolah telah dibentuk tim Pendekar Waras sebagai satgas Covid-19. Serta, memantau pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah.

‘’Kapanpun PTM diterapkan, kami sudah siap. Nanti juga akan dibantu dengan bus wisata yang digilir untuk menangani transportasi siswa,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!