Lemak Bertambah Setelah Lebaran ? Olahraga Ini Solusinya

Di Posting Oleh madiuntoday

20 Mei 2021

MADIUN – Momen Lebaran seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk ‘balas dendam’. Terutama, terhadap makanan setelah satu bulan penuh berpuasa. Apalagi, aneka sajian kuliner khas Lebaran sangat menggoda selera. Tak sedikit di antaranya yang mengandung kalori tinggi, gula, hingga lemak. Sehingga, menyebabkan berat badan bertambah.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah olahraga yang dapat menjadi pilihan untuk menghancurkan lemak tubuh. Sehingga, berat badan menjadi lebih ideal dan stamina tubuh semakin kuat.

Berikut beberapa alternatif olahraga yang dapat dipilih untuk menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh setelah Lebaran.

1. Berlari
Melakukan olahraga lari dengan kecepatan 12 km/jam dapat membakar kalori hampir 1.000 kalori/jam. Jika sudah terbiasa, kecepatan lari bisa semakin ditingkatkan.

2. Berenang
Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat membakar kalori lebih banyak. Sebab, saat berenang semua anggota tubuh ikut bergerak. Jumlah kalori yang terbakar rata-rata 600 – 900 tiap jam, tergantung gaya yang digunakan. Di antaranya, gaya kupu-kupu, punggung, dan dada.

3. Bersepeda
Salah satu jenis olahraga yang semakin populer selama pandemi Covid-19 ini bisa menjadi pilihan kegiatan membakar kalori yang tepat. Namun, kecepatan dan intensitas perlu dijaga agar olahraga ini semakin efektif. Kecepatan bersepeda 22 km/jam bisa membakar 500 – 700 kalori per jam. Semakin cepat mengayuh sepeda, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

4. Olahraga Kelompok atau Tim
Olahraga berkelompok seperti basket, sepak bola, dan tenis tidak hanya membakar kalori secara efektif. Selain itu, kegiatan ini bisa semakin terasa menyenangkan karena dilakukan bersama-sama.

5. Senam
Senam memiliki salah satu keunggulan, yakni tidak butuh tempat yang besar untuk dilakukan. Bahkan, bisa dilakukan di dalam kamar. Beberapa alternatif jenis senam yang dapat dipilih antara lain aerobik atau zumba. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!