Pemkot Beri Kesempatan Warga Luar Daerah Sekolah Di Kota Madiun Tanpa Seleksi Zonasi

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Mei 2021

Sediakan Kuota 30 Persen Dari Pagu

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Pendidikan memberikan kesempatan bagi warga luar daerah untuk bisa bersekolah di Kota Madiun tanpa melalui seleksi jalur zonasi. Bahkan, kuota yang disediakan mencapai 30 persen dari pagu sekolah tersebut.

Pendaftaran jalur khusus ini dibuka lebih awal. Yakni, pada 8-10 Juni 2021 secara offline. Kuota khusus inipun berlaku di sekolah tertentu. Yakni, di SDN 02 Taman, SDN Kejuron, SDN 02 Winongo, SDN 02 Kartoharjo, SDN 03 Kartoharjo, SDN 02 Rejomulyo, SDN Sukosari, SDN 01 Kanigoro, dan SDN 01 Pangongangan. Selain itu juga di SMPN 9, SMPN 12, dan SMPN 14 Madiun.

‘’Jalur offline ini kami buka khusus untuk warga luar Kota Madiun. Mereka yang sudah diterima di jalur offline ini dipastikan tidak akan tergeser ketika jalur online dibuka. Jadi, bagi pendaftar tidak perlu khawatir,’’ tutur Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi, Senin (24/5).

Menurut Hariyadi, kebijakan ini diambil sebagai hasil dari evaluasi pelaksanaan PPDB tahun lalu. Sebagian calon peserta didik dari luar kota mencabut pendaftarannya karena khawatir tergeser dengan calon peserta didik dari dalam kota. Akibatnya, kuota di sekolah tersebut tidak terpenuhi.

Lebih lanjut, Hariyadi juga berharap orang tua/wali murid dan calon peserta didik dari luar kota bisa mempertimbangkan sekolah-sekolah tersebut terlebih dahulu. Apalagi, saat ini pendidikan di Kota Madiun sudah cukup merata. Begitu pula dengan fasilitas yang disediakan.

Contohnya di SDN 02 Taman, SDN 02 Winongo, dan SDN Sukosari yang merupakan pilot project pelaksanaan sekolah inklusi. Selain itu ada SDN 01 Pangongangan, SMPN 9 dan SMPN 12 yang menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun ini.

‘’Seluruh guru sudah kami latih secara sama. Sehingga, kualitasnya merata. Lokasi sekolah juga strategis dan nyaman untuk belajar. Harapannya, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi warga luar kota untuk bersekolah di Kota Madiun,’’ imbuhnya.

Sementara itu, pendaftaran SD-SMP secara online tahap I untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi lomba, dan jalur prestasi nilai rapor dibuka pada 15-17 Juni 2021. Sedangkan, pendaftaran online tahap II untuk jalur zonasi dibuka pada 22-24 Juni 2021. Pengambilan PIN dilakukan di sekolah asal pada 7-14 Juni 2021. (Dhevit/Vincent/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!