Legalisir dan Rekomendasi Mulai 2 Juni, Perhatikan Jadwal PPDB Kota Madiun Tahun Ini

Di Posting Oleh madiuntoday

31 Mei 2021

MADIUN – Rangkaian pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Madiun tingkat TK, SD, dan SMP negeri tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Tepatnya, pada 2 Juni 2021 untuk pengajuan legalisir dan rekomendasi piagam maupun sertifikat lomba. Serta, jalur perpindahan orang tua/wali untuk anak ASN, TNI/Polri, BUMN, dan BUMD.

‘’Khusus pengajuan legalisir lomba dilayani di sekolah masing-masing. Sedangkan, rekomendasi jalur perpindahan orang tua/wali dilayani di kantor Dinas Pendidikan,’’ tutur Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi.

Pengajuan legalisir dan rekomendasi dilayani hingga 4 Juni 2021. Selanjutnya, proses pengambilan PIN PPDB dilakukan pada 7-14 Juni 2021 di sekolah asal siswa. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan telah melaksanakan pelatihan dan pengarahan khusus tim IT sekolah yang melayani prosesi pengambilan PIN.

PIN PPDB digunakan bagi siswa untuk mendaftar sekolah jalur zonasi. Pada jenjang SD dan SMP, pendaftarannya dilaksanakan pada 22-24 Juni 2021. Namun, sebelumnya pada 15-17 Juni 2021 dilakukan pendaftaran tahap pertama untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi lomba, dan jalur prestasi nilai rapor. Sedangkan, untuk TK pendaftarannya dilakukan pada 8-10 Juni 2021 secara offline.

‘’Tahun ini Kota Madiun juga membuka jalur khusus bagi siswa luar Kota Madiun untuk bersekolah di dalam kota. Pendaftarannya secara offline khusus di 12 sekolah yang telah ditunjuk,’’ imbuhnya.

Terhadap pelaksanaan PPDB tahun ini, Hariyadi mengimbau kepada orang tua/wali dan calon peserta didik untuk mempersiapkan diri. Serta, mendiskusikan jalur penerimaan yang akan diikuti. ‘’Untuk zonasi SD pertimbangannya adalah usia anak. Sedangkan, jalur luar zonasi SD pertimbangannya jarak rumah ke sekolah. Begitu pula dengan jalur zonasi SMP pertimbangannya juga jarak rumah ke sekolah. Maka, harus diperhatikan betul untuk pemilihan ini,’’ tegasnya.

Hariyadi pun berharap, pelaksanaan PPDB tahun ini dapat berjalan lancar. Serta, dapat memenuhi kebutuhan seluruh siswa di Kota Madiun. ‘’Segala persiapan sudah kami lakukan. Kami sampaikan ke sekolah untuk memahami aturan PPDB. Harapannya, tidak ada halangan berarti pada pelaksanaan tahun ini,’’ tandasnya. (WS Hendro/Vincent/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!